Presiden Jokowi dan Kaisar Naruhito Tanam Pohon Gaharu

June 19, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyambut dengan penuh kehangatan kunjungan kenegaraan Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito beserta Permaisuri Masako di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Senin (19/6/2023).

Kunjungan Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako menandai hubungan baik antara Indonesia – Jepang. Kunjungan Kaisar Naruhito adalah yang pertama sejak dinobatkan sebagai Kaisar pada 1 Mei 2019.

Setelah melakukan prosesi upacara kenegaraan, perkenalan delegasi, sesi foto bersama, dan pengisian Buku Tamu, Presiden Jokowi didampingi Ibu Neara mengajak tamunya menuju veranda Istana Kepresidenan Bogor.

Di situ, Presiden Jokowi melakukan perbincangan yang dilanjutkan dengan memperlihatkan ikan Arwana super red, salah satu spesies ikan arwana yang memiliki nilai jual tinggi dan menjadi ikan hias andalan Kalimantan Barat.

Sesudah itu, Presiden Jokowi didampingi Ibu Iriana mengajak tamunya menuju halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor untuk melakukan penanaman pohon jenis Gaharu.

Pohon Gaharu adalah kayu berwarna kehitaman dan mengandung resin khas yang dihasilkan oleh sejumlah spesies pohon dari marga/genus Aquilaria, terutama A. malaccensis. Resin ini digunakan dalam industri wangi-wangian karena berbau harum.

Sebutan Gaharu berasal dari bahasa Melayu yang berarti harum, sedangkan di dunia perdagangan ia dikenal sebagai agarwood, aloeswood atau eaglewood.

No Comments

    Leave a Reply