Pemerintah Targetkan Indonesia Bebas Malaria Tahun 2030

June 16, 2023

BRIEF.ID – Pemerintah menargetkan pada tahun 2030 seluruh Indonesia sudah bebas dari penyakit malaria. Pada tahun 2023, sebanyak lima provinsi dan 30 kabupaten/kota  berhasil mengeliminasi penyakit yang disebarkan nyamuk Anopheles.

Kelima provinsi itu adalah Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Bali. Kabupaten/kota di antaranya adalah Mandailing Natal, Tapanuli Tengah, Musi Rawas, Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Timur, OKU Selatan, Bengkulu Utara, Bengkulu Selatan, Pesisir Barat, Banjar, Sekadau, Landak, Gunung Mas, Buton, Buton Selatan, Konawe, Pangkajene, Pangkajene Kepulauan, Buru, dan Sorong Selatan di Papua Barat.

”Jadi, kita sangat optimistis dengan kerja keras, target 2030 itu akan tercapai,” kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Dirjen P2P

Kemenkes) Maxi Rondonuwu di Kota Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (15/6/2023).

Dirjen P2P melanjutkan, bahwa tantangan membasmi malaria semakin ke timur Indonesia, semakin berat. Di Papua, misalnya, masih terjadi lima kasus per 1000 (per mil) penduduk. Bahkan,  ada yang 100 per 1.000 penduduk.

Beratnya tantangan sebab malaria adalah penyakit yang berkaitan erat dengan perilaku masyarakat sendiri. Satu pencegahan agar tidak digigit nyamuk Anopheles adalah dengan tidur di dalam kelambu, namun karena tak terbiasa tidur di dalam kelambu, seperti warga NTT lebih senang tidur di luar kelambunya dengan beragam alasan.

”Kita perlu kampanye yang terus-menerus,” jelas  Maxi.

Kampanye itu di antaranya, menargetkan perubahan perilaku agar nyaman tidur di dalam kelambu.

No Comments

    Leave a Reply