Ketua MPR Minta Kepolisian Selidiki Video Ancaman KKB Tembak Pilot Susi Air

June 1, 2023

BRIEF.ID – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta pihak kepolisian untuk terus menyelidiki video kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang mengancam akan menembak pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens apabila tidak ada negosiasi dalam dua bulan ke depan.

“Meminta pihak kepolisian terus menyelidiki video yang beredar tersebut, dan segera melakukan upaya penyelamatan terhadap pilot Susi Air,” kata Bamsoet seperti dilansir Antara,  Kamis (1/6/2023).

Bamsoet juga meminta aparat  segera melakukan penyelamatan terhadap pilot Philip Mark Mehrtens melalui strategi dan langkah yang tepat sehingga tidak menimbulkan korban jiwa.

“Meminta aparat gabungan mengoptimalkan kinerjanya dalam melakukan operasi penegakan hukum di wilayah Pegunungan Papua,” kata dia.

Bamsoet mengatakan bahwa pemerintah pusat dan daerah hingga tokoh agama dan tokoh masyarakat perlu melakukan negosiasi dengan KKB terkait dengan pembebasan pilot asal Selandia Baru itu.

Selain itu, kata dia, meningkatkan penjagaan guna mencegah terjadinya baku tembak dalam upaya pembebasan tersebut.

Pemerintah, tokoh agama, dan masyarakat diminta untuk serius hadapi aksi yang dilakukan KKB selama ini.

“Hal ini mengingat berbagai aksi anarkis yang menimbulkan korban tewas maupun luka-luka, bahkan ancaman pembunuhan sandera sudah dilakukan secara berulang oleh KKB,” ujarnya.

Sebelumnya, pilot Susi Air berkebangsaan Selandia Baru Philip Mark Mehrtens disandera KKB sejak 7 Februari 2023 sesaat setelah mendaratkan pesawatnya di Lapangan Terbang Paro, Kabupaten Nduga.

Selain menyandera pilot Philip Mark Mehrtens, KKB pimpinan Egianus Kogoya juga membakar pesawat milik Susi Air.

No Comments

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: