Harlah Pancasila 1 Juni, Puan Maharani: Generasi Muda Wajib Aktualisasikan Pancasila

June 1, 2023

BRIEF.ID – Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan, generasi muda wajib mengaktualisasikan Pancasila  melalui sarana yang sesuai  perkembangan zaman demi menjaga keberlanjutan dan relevansi nilai-nilai luhur Pancasila untuk menjawab tantangan dan perubahan zaman.

“Penerapan nilai-nilai Pancasila penting dalam setiap aspek kehidupan, mulai dari individu, keluarga, masyarakat, hingga bangsa secara keseluruhan,” kata Puan usai mengikuti upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila  di Lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Kamis (1/6/2023).

Pada kesempatan itu, Puan bertugas membacakan Pembukaan Undang Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Disebutkan,  generasi muda wajib diingatkan tentang pembelajaran sikap gotong-royong yang merupakan intisari Pancasila.

“Pembelajaran sikap gotong-royong menjadi penting karena memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk memahami arti penting kerja sama dan saling membantu dalam kehidupan sehari-hari,” kata dia.

Disebutkan,  generasi muda harus dapat memahami Pancasila yang merupakan alat pemersatu bangsa di tengah kemajemukan bangsa Indonesia.

“Untuk mengikat perbedaan dalam satu kesatuan bangsa dibutuhkan nilai bersama yang dirangkum dalam Pancasila. Pancasila adalah kesepakatan final dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata dia.

Pada kesempatan itu, Puan secara khusus mengapresiasi adanya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 4 Tahun 2022 tentang Standar Nasional Pendidikan dalam rangka mendorong penanaman Pancasila kepada generasi muda sehingga Pancasila kini kembali menjadi mata pelajaran wajib.

Namun,  Puan menilai harus ada upaya yang lebih modern dalam menyosialisasikan nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda karena pemahaman substansi dan teori saja tidak cukup.

“Sebagai generasi yang kritis dan di tengah berkembangnya era digital, maka generasi muda perlu mendapat aspek-aspek afeksi dalam mengaktualisasi Pancasila,” kata Puan.

No Comments

    Leave a Reply