Dibangun Tidak Sesuai Standar FIFA, Presiden Jokowi Perintahkan JIS Direnovasi

June 30, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) merenovasi Jakarta International Stadium (JIS) agar sesuai standar FIFA.

“Bapak Presiden menginginkan JIS direnovasi agar sesuai standar FIFA,” kata Menpora di Jakarta, Kamis (29/6/2023).

JIS yang biaya pembangunannya sebesar Rp 5 triliun belum dapat digunakan untuk kejuaraan berskala nasional maupun internasional karena tidak sesuai standar keamanan FIFA. Apalagi akses  menuju JIS hanya satu pintu dan lahan parkir yang tidak memenuhi syarat.

“Ada catatan terkait JIS,  seperti akses timur dan  kita akan mencari kepastian lokasi untuk opsi tempat parkir.  Jaringan kereta api dan stasiun belum rampung, nanti kita akan mencari  solusinya apabila  JIS digunakan buat event,” kata dia.

Ia mengatakan akan berkoordinasi dengan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono terkait alternatif transportasi umum menuju JIS.

“Pekan depan, saya dan Pak Gubernur akan mengunjungi JIS. Pak Gubernur sudah merespons dan akan segera memperbaiki.  Yang pasti stadion-stadion di Indonesia ini yang memiliki potensi harus kita optimalisasikan,” kata Menpora.

No Comments

    Leave a Reply