Pangsa Perdagangan ASEAN ke Korea Naik 82,8% Sejak 2003

May 4, 2023

BRIEF.ID – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati  mengatakan,  pangsa perdagangan ASEAN ke Korea Selatan  meningkat  82,8% sejak tahun 2003 hingga tahun 2022.

Hal itu disampaikan Menkeu saat menghadiri salah satu rangkaian acara ASEAN+3, agenda Presidential Talk, yang dihadiri  Presiden Republik Korea Yoon Suk Yeol di Incheon, Korea Selatan, pada 3 Mei 2023.

“Pada tahun 2019, jumlah anak perusahaan dan cabang perusahaan keuangan Korea di ASEAN, termasuk Indonesia, bahkan mencapai 150 entitas. Angka ini meningkat 92 persen dibandingkan akhir tahun 2011,” ujar Menkeu, mengutip  Antara,  Kamis (4/5/2023).

Pada tahun 2011, lanjut dia, Korea juga sempat menjadi salah satu dari 10 negara teratas yang memberikan kontribusi sebesar 4% terhadap investasi asing langsung ASEAN. Indonesia mendapat keistimewaan dalam menghadiri agenda Presidential Talk selaku Ketua dari perhelatan ASEAN+3.

Pada kesempatan itu, Menkeu menuturkan  tentang beberapa industri besar dari Korea seperti elektronik, otomotif, barang konsumsi, serta jasa semakin berkembang pesat setelah budaya K-Pop mulai booming di Indonesia.

Sejak beberapa tahun ke belakang, budaya Hallyu dari Korea memang tumbuh pesat di ASEAN, tak terkecuali Indonesia.

“Saking populernya, saya sendiri kadang suka menghabiskan waktu luang sambil menonton KDrama,” kata Menkeu.

Melalui pertemuan Presidential Talk, Menkeu berharap semoga ke depannya hubungan ASEAN dan Korea akan semakin erat, khususnya di bidang keuangan, yang akan memberikan keuntungan bersama sekaligus meningkatkan kesejahteraan kawasan, baik bagi ASEAN maupun Korea.  

No Comments

    Leave a Reply