Hari Ini, Presiden Jokowi Menerima Kunjungan Kenegaraan Presiden Republik Islam Iran di Istana Kepresidenan Bogor

May 23, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi), hari ini akan menerima kunjungan kenegaraan Presiden Republik Islam Iran   Seyyed Ebrahim Raisi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Sesuai tradisi yang dibangun Presiden Jokowi, Presiden Raisi akan disambut pasukan berkuda  yang mengenakan pakaian tradisional Indonesia dan korps musik di pintu gerbang Istana Kepresidenan Bogor.

Di depan Istana Kepresidenan Bogor, para pelajar mengibarkan Bendera Merah Putih dan Bendera Republik Islam Iran berukuran mini. Selanjutnya, Presiden Jokowi menyambut tamunya.

Presiden Raisi berada di Indonesia, selama dua hari, yaitu  pada 23-24 Mei 2023 dalam rangka meningkatkan  hubungan bilateral Indonesia-Iran di bidang ekonomi dan penanganan narkotika.

“Presiden Raisi didampingi Ibu Negara Jamileh Alamolhoda akan diterima oleh Presiden Joko Widodo, pada 23 Mei 2023 di Istana Kepresidenan Bogor,” seperti disampaikan  Kementerian Luar Negeri RI melalui  keterangan tertulis, Senin (22/5/2023).

Raisi akan didampingi oleh Wakil Presiden Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Menteri Luar Negeri, Menteri Informasi dan Teknologi Komunikasi, Menteri Perminyakan, serta sejumlah wakil menteri dan pimpinan lembaga pemerintah Iran.

“Pada  kunjungan ini akan disepakati beberapa perjanjian yang penting dalam pemajuan hubungan bilateral Republik Islam Iran, antara lain PTA dan beberapa MoU, terutama di bidang ekonomi dan  penanganan narkotika,” demikian pernyataan resmi Kementerian Luar Neger.

Presiden Raisi terakhir  mengunjungi Indonesia, pada 23-24 April 2015 ketika Hassan Rouhani yang saat itu menjabat Presiden Iran menghadiri Peringatan 50 Tahun Konferensi Asia-Afrika.

Presiden Jokowi   mengunjungi Iran, pada 14 Desember 2016.

Sebelum mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Jokowi di Istana Bogor, pada Selasa (23/5/2023), Presiden Raisi akan meletakkan karangan bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.

Presiden Raisi juga dijadwalkan bertemu  Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, dan  mengunjungi Masjid Istiqlal.

No Comments

    Leave a Reply