Hari Ini, Presiden Bertolak ke Labuan Bajo

May 7, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan bertolak menuju Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada Minggu (7/5/2023).

Rencananya, Presiden Jokowi bersama rombongan terbatas akan menuju Labuan Bajo dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta, menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1, pada sekitar pukul 12.00 WIB.

Selama berada di Labuan Bajo, selain mengecek kesiapan penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42, Presiden Jokowi juga akan memimpin pertemuan tingkat tinggi para pemimpin negara-negara ASEAN. KTT ke-42 ASEAN akan diselenggarakan pada 9-11 Mei 2023.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, sebanyak delapan pemimpin negara anggota akan menghadiri KTT ke-42 ASEAN, Sekretaris Jenderal ASEAN, dan Perdana Menteri Timor Leste.

Menurut Menlu, Indonesia sebagai ketua ASEAN telah mencatat sebanyak 776 delegasi dan 400 wartawan yang akan menghadiri KTT ASEAN. Pertemuan puncak pada 10-11 Mei 2023, akan didahului berbagai rangkaian pertemuan di tingkat pejabat tinggi, duta besar, dan menlu ASEAN sejak 8 Mei 2023.

Sebelum rangkaian itu dimulai, terdapat juga pertemuan untuk membahas tiga pilar utama ASEAN, yaitu politik keamanan (APSC), ekonomi (AEC), dan sosial budaya (ASCC).

No Comments

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: