Temui Presiden Jokowi di Istana, Anggota Kongres AS Komit Tingkatkan Kemitraan Strategis

April 12, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar menggelar pertemuan dengan  anggota kongres Amerika Serikat (AS) di Istana Merdeka, Jakarta,  Rabu (12/4/2023).

Anggota kongres AS yang bertemu Presiden Jokowi  adalah Senator Jeff Merkley, Senator Chris Van Hollen, Representative Lloyd Doggett, Representative Praila Jayapal, Representative Ilhan Omar, Duta Besar  AS untuk Republik Indonesia (RI) Sung Yong Kim, dan Mission Director of USAID Jeffery Cohen.  

Pada  pertemuan itu, para delegasi kongres AS menyampaikan komitmen AS  untuk terus meningkatkan kerja sama dengan Indonesia dalam konteks kemitraan strategis (strategic partnership).

“Mereka melihat bahwa Indonesia adalah mitra yang sangat penting di kawasan dan mereka mengatakan  Indonesia is shining now,” kata Menlu saat memberikan keterangan pers usai mendampingi Presiden Jokowi.

Menlu mengatakan, para delegasi juga mengapresiasi kesuksesan Indonesia dalam Presidensi G20 di Bali,  tahun lalu. Mereka juga  turut mendukung  keketuaan Indonesia di ASEAN.

“Mereka mengulang kesuksesan keketuaan Indonesia di G20 dan mereka memberikan dukungan yang kuat bagi keketuaan Indonesia di ASEAN untuk tahun ini,” ungkap Menlu.

Sementara itu, Presiden Jokowi menyampaikan komitmen kuat pemerintah Indonesia bagi isu perubahan iklim dan lingkungan. Kepala Negara  juga menyampaikan sejumlah capaian pemerintah Indonesia terkait kedua isu itu.

“Termasuk adanya pengurangan kebakaran hutan yang lebih dari 80 persen so far,” kata Menlu.

Pada  kesempatan itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan harapan Pemerintah Indonesia  bagi dukungan kongres Amerika Serikat terhadap sejumlah isu, mulai dari perpanjangan fasilitas Generalized System of Preferences (GSP) hingga akses pasar.

“Presiden juga mengharapkan Indonesia dapat menjadi bagian dari global supply chain Amerika dan dunia. Presiden juga menyampaikan permintaan dukungan Amerika Serikat untuk transisi energi,” ujar Retno.

Sebelu bertemu  Presiden Jokowi, Retno menyebut para delegasi kongres Amerika Serikat juga telah melakukan pertemuan dengan dirinya serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. Esok hari, para delegasi kongres Amerika Serikat juga akan berkunjung ke Ibu Kota Nusantara.

“Jadi besok (Kamis, 13 April 2023)  akan ada kunjungan ke IKN Nusantara,” jelas Menlu.

No Comments

    Leave a Reply