Sinergisitas MES – ICMI Hadirkan Program Penggerak Ekonomi Umat “Khazanah Fest”  

April 12, 2023

BRIEF.ID – Masyarakat Ekonomi Syariah (MES)  dan Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) bersinergi untuk menggerakkan perekonomian umat serta  memajukan peradaban, melalui program “Khazanah Fest” di Tanah Air.

Sinergisitas MES dan ICMI,  dituangkan dalam Nota Kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) yang ditanda tangani  Ketua Umum MES Erick Thohir dan Ketua Umum ICMI Arif Satria, pada 20 Ramadan 1444 H atau Selasa  (11/4/2023).

Erick Thohir yang juga menteri BUMN, mengatakan sinergi MES dan ICMI ini menjadi langkah strategis untuk mendorong dan memajukan ekonomi umat, yang diwujudkan dalam program “Khazanah Fest,” yang rencananya akan diselenggarakan di berbagai daerah di Tanah Air.

“Program ini tentunya diharapkan mendukung langkah bersama kita untuk mendukung upaya pemerintah menjaga momentum penguatan pertumbuhan ekonomi nasional dan mendorong penguatan ekonomi kerakyatan. Kolaborasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan pengusaha anggota MES dan ICMI ini harapannya mendapat dukungan dari seluruh stakeholder dan masyarakat luas,” ujar Erick.

Sementara itu,  Arif Satria yang juga Rektor IPB University mengungkapkan  optimismenya  bahwa program “Khazanah Fest” sebagai hasil kolaborasi dengan MES akan mampu menggerakkan perekonomian umat dan membawa kemajuan peradaban di berbagai daerah. Apalagi “Khazanah Fest” sesuai dengan misi ICMI.

“Peran ICMI sebagai salah satu poros perubahan, senantiasa bertekad menjadi bagian dari solusi salah satunya melalui agenda ekonomi. Kami akan terus berinovasi dan menggerakkan perekonomian umat,” ungkap Arif.

“Khazanah Fest” pertama digelar di Masjid At Thohir, Tapos, Depok, Jawa Barat selama  6 hari dan akan berakhir pada 15 April 2023 mendatang. Kegiatan ini menghadirkan puluhan stand produk UKM dan  dihadiri  61.000 pengunjung.

Platform Digital Amalbox

Selain menandatangani  MoU, pada kesempatan itu MES dan ICMI   juga meluncurkan platform digital Amalbox. AmalBox merupakan platform online sesuai syariat Islam yang memudahkan masyarakat untuk beramal melalui berbagai pilihan program yang terseleksi. Platform ini juga menggalang amal untuk mewujudkan inisiatif dan proyek sosial dalam ekosistem Islam.

Amalbox, lanjut Arif,  merupakan upaya ICMI  memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk ambil bagian dalam berbagai program kemanusiaan. Dalam platform Amalbox sebagai terobosan inovasi ICMI juga menyuguhkan berbagai program amal.

“Kami berharap dapat terus berkolaborasi dengan MES di bawah kepemimpinan Bapak Erick Thohir dalam membangun transformasi bangsa Indonesia menjadi negara maju, menjadi negara baldatun toyyibatun wa rabbun ghafur,” tutup Arif.

Usai peluncuran platform Amalbox, Arif Satria dan Erick Thohir beserta pengurus dan anggota ICMI mengikuti buka bersama  para jamaah Masjid At Thohir.

No Comments

    Leave a Reply