Menko PMK Lepas 210 Jamaah Umrah dari Bandara Kertajati

April 16, 2023

BRIEF.ID –  Menko  Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy didampingi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, melepas sebanyak 210 jamaah umrah menggunakan maskapai Lion Air dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Sabtu (15/4/2023).

“Selesainya jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), akan semakin menegaskan peran Bandara Kertajati sebagai hub dari Jawa Barat dan Jawa Tengah,” kata Menhub seperti diberitakan Antara, Minggu (16/4/2023).

Menhub  meminta para penyelenggara umrah (travel umrah) untuk turut mempromosikan sehingga semakin memperbanyak jamaah umrah yang terbang dari Bandara Kertajati.

“Kita ingin Bandara Kertajati yang dekat dengan Pelabuhan Patimban menjadi pusat kegiatan ekonomi yang dapat meramaikan dan mendorong kemajuan daerah Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan (Ciayumajakuning) dan sekitarnya,” kata Menhub.

Lebih lanjut, Menhub mengungkapkan telah menugaskan PT Angkasa Pura (AP) II bersama GMR India untuk membantu pengelolaan Bandara Kertajati.

“Semoga ke depannya Bandara Kertajati semakin ramai dan berdampak positif bagi kemakmuran masyarakat di Jawa Barat dan sekitarnya,” ucap Menhub.

Sementara itu, Menko Muhadjir mengatakan, pada musim haji nanti akan ada sekitar 20 kloter atau sekitar 7 ribu sampai dengan 8 ribu jemaah haji yang berasal dari Kabupaten Subang dan sekitarnya yang akan berangkat dari Bandara Kertajati.

“Di sini sudah ada asrama haji sehingga akan mengurangi kepadatan bandara-bandara utama, termasuk Soekarno-Hatta dalam rangka memberangkatkan haji,” kata Muhadjir.

Penerbangan tersebut merupakan penerbangan umrah ketiga yang diberangkatkan dari Bandara Kertajati usai pandemi. (antara)

No Comments

    Leave a Reply