Menag dan Dubes Arab Saudi Bahas Rencana Pembangunan Islamic Center di IKN

April 20, 2023

BRIEF.ID – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas bertemu Duta Besar Arab Saudi Faisal Abdullah Al Amudi untuk membahas rencana pembangunan Islamic Center di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Gedung Percetakan Al-Qur’an bersama.

Pertemuan yang berlangsung di Rumah Dinas Dubes Saudi di Jakarta sebagai tindak lanjut atas rencana pemerintah Arab Saudi membangun Islamic Center di IKN.

“Rencana ini pernah dibahas bersama Menteri Urusan, Dakwah, dan Bimbingan Islam Arab Saudi, Dr Abdullatif bin Abdulaziz Al Al-Sheikh saat berkunjung ke Indonesia pada tahun 2022,” kata Menag melalui keterangan resmi, Kamis (20/4/2023).

Menag mengatakan, Pemerintah Arab Saudi telah menjalin kerja sama dengan Kerajaan Arab Saudi melalui Kementerian Agama terkait pembangunan Islamic Center di IKN.

“Saat ini, tengah disiapkan tanahnya. Kami juga menunggu desain Islamic Center tersebut sesuai masukan dari Menteri Urusan Islam,” kata Menag.

Pembangunan Islamic Center, lanjut Menag, sangat strategis dan akan menjadi pintu masuk kerja sama antara Indonesia dan Saudi, selain yang terkait dengan urusan haji. Kerja sama itu juga akan sangat berpengaruh dalam hubungan kedua negara.

“Selain Islamic Center, kita berdiskusi juga tentang rencana pembangunan gedung Percetakan Al-Qur’an. Hal ini sangat penting untuk menopang kebutuhan Al-Qur’an bagi masyarakat Indonesia yang sangat tinggi. Kita tahu kualitas cetakan Al-Qur’an Saudi sangat baik,” kata Menag.

No Comments

    Leave a Reply