Ketua DPR AS Bertemu Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen di California, Besok

April 4, 2023

BRIEF.ID – Ketua DPR AS Kevin McCarthy  akan menggelar  pertemuan dengan pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen di Negara Bagian California, Amerika Serikat, Rabu (5/4/2023).

Saat ini, Tsai sedang dalam kunjungan ke Amerika Latin, yakni Guatemala dan Belize. Ia dikabarkan akan singgah ke AS dan rencana ini akan  membuat Tiongkok murka dan mengancam akan melakukan  tindakan balasan.

Itu adalah persinggahan pertama Tsai ke AS sejak tahun 2019. Meski demikian, sejumlah pemimpin Taiwan  rutin singgah di AS ketika sedang mengunjungi para mitra diplomatik  di Amerika Latin, Karibia, dan Pasifik.

Sementara itu, Tiongkok  yang mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya, telah berulang kali memperingatkan pejabat AS untuk tidak bertemu dengan Tsai.

“Pada Rabu, 5 April, Ketua DPR Kevin McCarthy akan mengadakan pertemuan bipartisan dengan Presiden Taiwan di Perpustakaan Kepresidenan Ronald Reagan,” demikian sebuah pernyataan yang dirilis.

Pertemuan ini akan menjadi yang pertama antara pemimpin Taiwan dan Ketua DPR AS di Negeri Paman Sam. Gedung Putih telah mendesak Tiongkok untuk tidak memanfaatkan persinggahan Tsai yang lazim di AS itu sebagai dalih untuk meningkatkan aktivitas agresif terhadap Taiwan.

“Selama transit di AS, Presiden berhubungan dengan teman-teman Amerika, sebagaimanacyang dilakukan dalam kunjungan-kunjungan terdahulu,” demikian menurut keterangan kedutaan besar de facto Taiwan di Washington, AS tanpa menjelaskan lebih lanjut soal pertemuan itu. (reuters)

No Comments

    Leave a Reply