Wali Kota dan Wawali Manado Dianugerahi Penghargaan Pemimpin Pemelihara Kerukunan Beragama

March 17, 2023

BRIEF.ID –  Wali Kota Manado Andrei Angouw dan Wakil Wali Kota Manado  Richard Sualang dianugerahi  penghargaan Asosiasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Indonesia sebagai Pemimpin Daerah Inovatif dan Kreatif   dalam Memelihara  Kerukunan dan Moderasi Beragama di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara.

Penghargaan  diserahkan Ketua Umum Asosiasi FKUB Indonesia, Ida Pangelingsir Agung Putra Sukahet didampingi Wakil Sekretaris Jenderal Pendeta  Samuel D. Luas di Ruang Serbaguna Kantor Wali Kota Manado, Kamis (16/3/2023).

Penyerahan penghargaan  dirangkaikan dengan Penanda Tanganan Deklarasi Damai Tokoh Agama dan Dialog Interaktif  bertajuk “Penguatan Pemeliharaan Kerukunan dan Moderasi Beragama.” Selain  menyerahkan penghargaan kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado, Ketua Umum Asosiasi FKUB juga menyerahkan penghargaan kepada Ketua FKUB Manado, Pendeta   Janny Lompoliu.

Hadir pada kesempatan itu, Forkopimda Manado, Ketua FKUB Sulawesi Utara yang juga Wakil Ketua Umum Asosiasi FKUB Indonesia Pendeta  Lucky Irwan Rumopa,  Pengurus Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSAUA) Pendeta Handry Dengah, Ketua BKSAUA Kota Manado Pendeta  Juddy Tunari,  jajaran  pengurus FKUB Provinsi Sulawesi Utara, FKUB Kabupaten/Kota se-Sulut,  para tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

“Kepemimpinan Wali Kota Bapak Andrei Angou dan Wakil Wali Kota  Bapak  Richard Sualang,  memelihara kerukunan dan moderasi beragama sudah terbukti dan teruji. Bapak Andrei dan Bapak Richard  mengutamakan  kepentingan umat beragama dan tidak membeda-bedakan agama. Itulah yang mendorong kami memberikan apresiasi dan penghargaan atas kepemimpinan mereka,” kata Ida Pangelingsir.

Disebutkan bahwa  kepiawaian pemimpin Kota Manado serta pemimpin Kabupaten/Kota di Sulut menjaga kerukunan umat beragama tidak lepas dari komitmen Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw.

Olly  dan  Steven, lanjutnya,  adalah tokoh kerukunan yang mampu mengayomi umat beragama.

“Bapak  Olly Dondokambey adalah pemimpin daerah yang memberikan apresiasi kepada tokoh agama dan FKUB dalam perannya menjaga kerukunan dan berkontribusi bagi pembangunan daerah,” tegas Ida Pangelingsir,  yang juga Ketua FKUB Provinsi Bali.

Sementara itu, Wali Kota Manado Andrei Angouw menyambut baik penganugerahan  penghargaan dari Asosiasi FKUB Indonesia dan menilainya sebagai penghargaan bagi pemerintah, tokoh agama, dan seluruh masyarakat.

“Penghargaan ini saya teruskan kepada Forkopimda Kota Manado, Kapolres dan Dandim Manado, para tokoh agama. Marilah kita jalin komunikasi untuk kerukunan tanpa mempersoalkan perbedaan yang ada di antara kita,” kata Andrei.

No Comments

    Leave a Reply