Stres Berpotensi Timbulkan Serangan Jantung

February 3, 2023

BRIEF.ID – Stres secara emosional yang datang secara tiba-tiba, yaitu   kesedihan, ketakutan, kemarahan atau syok  dapat menyebabkan gagal jantung pada  sindrom  sedikit diketahui atau kurang dipahami,  yang tampaknya  mempengaruhi kaum lelaki dan perempuan.  Para korban umumnya sehat, khususnya perempuan umumnya tidak memiliki riwayat penyakit jantung.

Bisa dibayangkan ketika terjadi kematian salah seorang anggota keluarga, perampokan bersenjata, kecelakaan mobil, prosedur biopsi, dan pesta kejutan adalah di antara peristiwa yang menyebabkan 18 perempuann dan seorang lelaki  dikirim ke ruang gawat darurat sebuah rumah sakit dengan nyeri dada dan jantung melemah.

Sebuah  artikel yang diterbitkan di The New York Times, yang dipantau Jumat (3/2/2023)  menyebutkan bahwa  sejumlah  pasien memiliki fungsi jantung yang sangat buruk sehingga mereka akan meninggal tanpa perawatan agresif untuk menjaga sirkulasi darah. Tapi, akhirnya semua pulih.

Kasus-kasus itu memberikan kepercayaan pada gagasan kuno bahwa adalah mungkin untuk menakut-nakuti seseorang akan  mati  atau mati karena kesedihan. Artikel itu  menyebutkan, kondisi ini sebagai apa yang disebut “kardiomiopati stres” dan menyebutnya sebagai “sindrom patah hati.”

Bagaimana tepatnya hal itu terjadi tidak jelas, tetapi pasien memiliki kadar bahan kimia dan hormon otak terkait stres yang luar biasa tinggi seperti adrenalin, yang mungkin telah mengganggu fungsi jantung mereka untuk sementara. Mengapa hampir semua korban adalah perempuan juga tidak diketahui dengan pasti.

Bukan Serangan Jantung

Sindrom ini bukanlah serangan jantung, meski mungkin kerap disalah artikan sebagai serangan jantung. Tetapi pasien ini dapat pulih sepenuhnya dan, tidak seperti korban serangan jantung, mereka tidak menderita kerusakan permanen pada otot jantung.

Para peneliti mengatakan penting untuk membedakan sindrom dari serangan jantung sehingga orang dapat diobati dengan benar dan diyakinkan bahwa jantung mereka sehat, daripada diberi tahu bahwa mereka memiliki penyakit koroner dan perlu menjalani pengobatan jantung selama sisa hidup mereka. .

Serangan jantung terjadi ketika bekuan darah di arteri koroner memotong sirkulasi ke otot jantung, yang kemudian dapat mati. Gumpalan biasanya terbentuk di bagian arteri yang sakit, dan stres emosional dapat memicu serangan jantung pada seseorang yang mengidap penyakit koroner.

Pelemahan Jantung

Tetapi gagal jantung akibat stres berbeda. Pasien tidak memiliki gumpalan darah, arteri yang sakit atau bercak otot jantung yang mati. Mereka mengalami pelemahan jantung yang menurunkan kemampuannya untuk memompa, tetapi bersifat sementara.

“Prognosisnya tampaknya sangat baik. Sangat penting untuk tidak dikirim keluar karena mengira Anda mengalami serangan jantung hebat. Dokter dan pasien harus tahu itu,” kata Dr  Ilan Wittstein, ahli jantung di Fakultas Kedokteran Universitas Johns Hopkins.

Disebutkan, seberapa sering kondisi tersebut terjadi tidak diketahui.

“Satu-satunya hal yang membuatnya bukan masalah umum adalah ketidakmampuan untuk mengenalinya,” jelas Wittstein.

Ia menambahkan,   jumlah kasus akan meningkat saat kabar tersebar dan dokter belajar cara mendiagnosis sindrom tersebut. Ketika dia berbicara tentang hal itu di konferensi, katanya, dokter sering mendekatinya kemudian dan berkata,

“Anda tahu, saya pikir saya melihat kasus seperti itu. Apakah itu akan menjadi sama lazimnya dengan serangan jantung konvensional?” Wittstein bertanya.  Tentu saja tidak,” kata dia.

Wittstein mengatakan bahwa dia dan rekan-rekannya melihat sekitar setengah lusin kasus setahun.

Salah satu pasien yang ditangani timnya adalah Sharon Lawson, pensiunan pekerja sosial di Havre de Grace, Maryland. Dua tahun lalu, Lawson, yang saat itu berusia 61 tahun, menjalani biopsi paru-paru untuk menentukan apakah kanker telah menyebar dari tumor ginjal yang dirawat pada tahun 1991. Putrinya akan menikah beberapa bulan kemudian, dan kekhawatiran utama Lawson adalah dia tidak dapat melakukannya. menghadiri pernikahan atau membantu merencanakannya.

“Saya sangat ingin berada di sekitar untuk itu,” katanya. Berbaring di atas meja, terjaga saat jarum menembus punggungnya dan memasuki paru-parunya, dia berdoa. Kemudian, dia merasa dirinya pingsan dan memanggil dokter. Hal berikutnya yang dia tahu, dia berkata, “Saya sedang terguling di lorong, berlari.”

Jantungnya memompa sangat lemah sehingga dokter menyimpulkan bahwa satu-satunya cara untuk menyelamatkan hidupnya adalah dengan memasang alat yang disebut pompa balon melalui pembuluh darah ke dalam aortanya untuk membantu sirkulasi darahnya. Dia juga memakai respirator untuk membantunya bernapas.

“Saya mulai pulih  cukup cepat, sangat cepat sehingga sulit bagi pasien untuk memahami betapa sakitnya mereka. Dalam waktu dua hari saya cukup sehat untuk pulang, dan tiga minggu kemudian fungsi jantungnya normal,” kata dia.

No Comments

    Leave a Reply