Presiden Minta Erick Thohir Reformasi Total PSSI

February 18, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir selaku ketua umum PSSI yang baru mereformasi dan mentransformasi total persepakbolaan nasional. Kebijakan itu diperlukan agar PSSI  akan menjadi institusi yang bersih,  mampu memunculkan potensi-potensi yang baik, mumpuni, dan bebas mafia.

“Yang paling penting ada sebuah perubahan. Ada sebuah reformasi total, ada sebuah transformasi,” kata Presiden Jokowi  usai menghadiri acara puncak Hari Lahir ke-50 Tahun Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Indonesia Convention Exhibiton (ICE) BSD City, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Jumat (17/2/2023).

Menteri BUMN Erick Thohir menerima estafet kepemimpinan PSSI dari Mochamad Iriawan setelah terpilih sebagai Ketua Umum PSSI, periode 2023-2027 pada Konferensi Luar Biasa (KLB) di Hotel Shangri-La, Jakarta, pada 16 Februari 2023.

Kepala Negara mengungkapkan  PSSI harus  memiliki perencanaan serta peta jalan sepak bola Indonesia yang jelas untuk mencapai target jangka menengah hingga jangka panjang.

“Ini betul-betul harus  tahap demi tahap agar kemajuannya kelihatan, road map-nya juga kelihatan, perencanaannya kelihatan mau apa dalam 50 tahun, dan mau apa dalam 25 tahun,” kata Kepala Negara.

Ketua Umum PSSI, periode 2023-2027 Erick Thohir bersama Wakil Ketua Umum I yang juga Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali (kiri) dan Wakil Ketua Umum II Ratu Tisha Destria (kanan).

Ia  menilai  perencanaan yang jelas dan baik akan memajukan persepakbolaan Indonesia.

“Semuanya harus terencana secara detail kalau mau sepak bola kita maju,” ujarnya.

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa pembangunan infrastruktur pendukung juga tidak kalah penting, khususnya pembangunan basecamp yang lengkap. Menurutnya, hingga saat ini fasilitas itu belum dimiliki oleh PSSI.

“Kita kan sampai sekarang enggak punya basecamp yang memiliki, saya waktu ngomong-ngomong dengan Shin Tae Yong butuh lima lapangan dalam satu lokasi, ada penginapan ada kolam renangnya untuk olahraga, pemain-pemainnya,” katanya.

No Comments

    Leave a Reply