Gaet Lebih Banyak Wisatawan, Wapres Ajak Para Pemimpin ASEAN Perbanyak Event Berskala Internasional

February 4, 2023

BRIEF.ID – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengajak para pemimpin negara-negara ASEAN memperbanyak penyelenggaraan event (kegiatan) berskala internasional untuk menggaet wisatawan.

Selama tiga tahun terakhir, sektor pariwisata sangat terpukul akibat merebaknya pandemi Covid-19, khususnya di kawasan ASEAN.

“Untuk kembali membangkitkan kejayaan sektor pariwisata, negara-negara ASEAN perlu memperbanyak penyelenggaraan acara berskala internasional untuk menggaet wisatawan,” kata Wapres saat membuka ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 di Open Air Ampitheater Ramayana Ballet & Rama Shinta Garden Resto, Kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta, Jumat (3/2/2023).

Wakil Presiden Ma’ruf Amin saat berpidato pada pembukaan ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 di Open Air Ampitheater Ramayana Ballet & Rama Shinta Garden Resto, Kompleks Candi Prambanan Yogyakarta,
Jumat (3/2/2023).

Wapres mengatakan, keberhasilan penyelenggaraan kegiatan berskala internasional merupakan salah satu bukti kesiapan negara-negara ASEAN untuk kembali menjadi magnet bagi wisatawan dunia, mampu terus beradaptasi dan berkompetisi, menuju pariwisata yang lebih berkualitas di masa yang akan datang.

“Saya berharap ATF 2023 dapat melahirkan aksi nyata melalui kerja sama antar pemimpin sektor pariwisata di kawasan ASEAN untuk mempercepat kebangkitan industri pariwisata dan merealisasikan Travel Exchange 2023. Forum ini juga menjadi pengobar semangat kebangkitan pariwisata di ASEAN,” kata Wapres.

Pada kesempatan itu, Wapres secara khusus mengajak para pemangku kepentingan untuk membangun sektor pariwisata yang berkelanjutan dan inklusif, melibatkan usaha mikro dan kecil, kaum perempuan, dan generasi muda.

Sebab, saat ini adalah momentum yang tepat untuk meningkatkan daya saing sektor pariwisata melalui berbagai inovasi dan kreativitas, serta transformasi ke arah digital.

“Semoga sektor pariwisata semakin produktif dan mampu memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi kawasan,” kata dia.

No Comments

    Leave a Reply