Jokowi Perintahkan Mendag dan Dirut Perum Bulog Stabilkan Harga Beras

January 31, 2023

BRIEF.ID – Presiden  Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, dan Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog Budi Waseso untuk menjaga stabilitas harga beras.

Belakangan ini, harga beras naik cukup signifikan sehingga dikhawatirkan akan mempengaruhi inflasi.

“Ini masalah penyaluran, soal operasi pasar. Mendag itu stabilisasi, saya pelaksananya, Pak Arief itu, Badan Pangan Nasional itu yang ngitung neracanya nanti kebutuhannya berapa,” ujar Dirut Perum Bulog Budi Waseso yang akrab disapa Buwas  di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (31/1/2023).

Buwas berada di Istana Kepresidenan untuk menghadiri rapat terbatas Kabinet Indonesia Maju yang membahas tentang stabilisasi harga beras.

Ia  mengaku, Bulog telah menyiapkan hingga 300 ribu ton untuk disalurkan melalui operasi pasar.

“Yang sudah siap kita edarkan 315 ribu ton. Itu yang akan segera kita turun-turunkan untuk operasi pasar,” ujarnya.

Selain itu, Bulog  juga saat ini memiliki  cadangan beras impor, termasuk beras kualitas premium, yang juga siap untuk disalurkan dalam operasi pasar.

“Nanti ini yang kita turunkan ini adalah beras-beras termasuk beras-beras impor yang kualitasnya premium tapi kita tetap menjualnya dengan Rp8.300,” ujarnya.

Ia secara khusus  meminta semua pihak, termasuk Satuan Tugas Pangan dan masyarakat untuk bersama-sama mengawasi penyaluran beras tersebut agar tidak jadi penimbunan maupun permainan harga.

“Kalau enggak kan nanti ada penimbunan, penumpukan. Karena sekali lagi ini kan berasnya beras premium, jadi harganya kalau di lapangan mahal, nah padahal kita berharap ini beras tetap dijual murah karena dari Bulog-nya juga berasnya murah,” tuturnya.

Ia menegaskan bahwa pihaknya siap untuk menyerap hasil petani pada musim panen mendatang.

“Kita akan melakukan penyerapan dari panen-panen yang akan datang ini. Ini sudah disiapkan,” kata Buwas.

No Comments

    Leave a Reply