Presiden Jokowi: Keberadaan Bendungan Tingkatkan Ketahanan Pangan Nasional

December 30, 2022

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimistis keberadaan bendungan akan meningkatkan ketahanan pangan di Tanah Air.

Optimisme itu disampaikan Kepala Negara seiring terus bertambahnya jumlah pembangunan bendungan di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Pemerintah sedang membangun enam bendungan yang ditargetkan akan selesai pada tahun 2023.

“Kita harapkan dari enam bendungan yang nanti akan selesai tahun depan semuanya di NTB, produktivitas padi di NTB bisa naik drastis. Harapan kita itu,” kata Presiden Jokowi seperti dilansir laman Sekretariat Kabinet, Jumat (30/12/2022).

Presiden mengungkapkan, saat ini sebanyak empat bendungan telah dibangun di Provinsi NTB. Keempat bendungan itu adalah Bendungan Tanju, Bendungan Mila, Bendungan Bintang Bano, dan Bendungan Beringin Sila. Dua bendungan yang masih dalam tahap penyelesaian adalah Bendungan Tiu Suntuk dan Bendungan Meninting.

“Sudah selesai empat bendungan, tinggal dua lagi. Enam bendungan itu sudah banyak banget, tinggal didistribusi dengan irigasi,” ujar Presiden Jokowi.

Ia mengatakan, pembangunan bendungan sangat penting untuk meningkatkan ketahanan pangan dan ketahanan air.
Sebab air adalah kunci dari ketahanan pangan.

“Untuk wilayah NTB yang sering kesulitan air, saya kira untuk air baku ini juga penting, agar dapat mengairi pertanian, irigasi pertanian. Penting karena air adalah kunci,” kata Presiden Jokowi.

No Comments

    Leave a Reply