Presiden Jokowi Dijadwalkan Menghadiri KTT Uni Eropa – ASEAN Commemorative di Brussel

December 10, 2022

BRIEF.ID – Presiden  Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Uni Eropa-ASEAN Commemorative di Brussel, Belgia, pada Rabu (14/12).

Kehadiran Presiden Jokowi  dibenarkan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin di Jakarta, Sabtu (10/12/2022).

“Iya,” kata Bey.

KTT  UE-ASEAN Commemorative Summit adalah pertemuan  pertama antara para pemimpin Uni Eropa  dan negara-negara anggota Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) untuk menandai 45 tahun hubungan diplomatik kedua organisasi pemerintahan itu.

Presiden Dewan Eropa Charles Michel dan Ketua ASEAN 2022 Perdana Menteri (PM) Kamboja Hun Sen diagendakan memimpin bersama dalam KTT UE-ASEAN di Brussel.

KTT UE-ASEAN menjadi peluang  untuk menegaskan kembali komitmen Uni Eropa  dan negara-negara anggotanya terhadap kemitraan strategis UE-ASEAN.

Selain itu, KTT ini juga akan menawarkan forum politik bagi EU dan ASEAN untuk menunjukkan komitmen bersama terhadap tatanan internasional berbasis aturan, penghormatan pada hukum internasional, dan promosi multilateralisme yang efektif. Para pemimpin diharapkan mengeluarkan pernyataan bersama di akhir KTT.

Sementara itu, pada hari Sabtu (10/12/2022), Presiden Jokowi masih menggelar acara ijab kabul  putra bungsunya,  Kaseang Pangarep dan  Erina Gudono di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan tasyukuran pernikahan Kaesang dan Erina di Solo, Jawa Tengah,  pada Minggu (11/12/2022).

No Comments

    Leave a Reply