Presiden Jokowi Dijadwalkan Mengunjungi Korban Gempa Cianjur

November 22, 2022

BRIEF.ID – Presiden Joko  Widodo (Jokowi)  dijadwalkan  mengunjungi  para korban  dan lokasi gempa bumi Magnitudo 5,6 di Cianjur, Jawa Barat, Rabu (23/11/2022).  

“Bapak Presiden insya Allah,  mungkin akan hadir hari Rabu (23/11/2022). Kemungkinan, besok (Selasa, 22/11/2022)  juga Bapak Menko  PMK dan Pak Kasad juga hadir. Intinya,  negara hadir di tengah masyarakat Cianjur yang tercinta,” kata Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil di Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022).

Ridwan Kamil juga mengkonfirmasikan, sebanyak 162 korban meninggal dunia akibat gempa merusak yang terjadi di Kabupaten Cianjur. Data itu diperoleh dari call center  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Para korban yang meninggal  mayoritas merupakan anak-anak. Karena, kata dia, banyak anak-anak yang sedang berada di bangunan madrasah saat gempa terjadi.

“Kemudian, ada dua hingga tiga lokasi jalan terisolasi, jalan nasional tapi dilaporkan sudah kembali normal, sekitar lima mobil yang terperangkap. Tapi laporannya belum masuk apakah sudah terevakuasi atau belum,” kata Ridwan Kamil.

Menurut Ridwan Kamil, penanganan para korban gempa di Cianjur dilakukan di tiga rumah sakit, yakni RSUD Sayang Cianjur, RSUD Cimacan, dan RS Bhayangkara Polri Cianjur.

Para korban,  lanjutnya, diupayakan juga untuk ditangani di rumah sakit wilayah lain seperti di Sukabumi atau Bandung guna menghindari penanganan medis di luar ruangan. Pasalnya di RSUD Cianjur para korban ditangani di tempat parkir menggunakan tenda untuk mengantisipasi gempa susulan.

No Comments

    Leave a Reply