Prabowo Jadi Pembicara Forum Ketahanan Pangan Global

November 9, 2022

BRIEF.ID – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto akan menjadi salah satu pembicara dalam forum ketahanan  pangan global (Global Food Security Forum) pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, 12-13 November 2022.

Forum ini dihadiri  US Permanent Representative to the UN  Agencies di Roma  Cindy McCain, Menteri Infrastruktur Ukraina Oleksandr Kubrakov, Senator AS  untuk Michigan Deborah Stabenow, Perwakilan Amerika Serikat dari New York, Patrick Ryan,  para menteri dan petinggi pemerintahan Indonesia.

“Kolaborasi untuk solusi berkelanjutan dalam memperkuat sistem pangan perlu dilakukan,” kata Prabowo di Jakarta, Rabu (9/11/2022).

Ia mengatakan, masalah ketahanan pangan global dan inovasi di bidang ketahanan pangan menjadi isu sentral yang akan dibahas pada  pertemuan yang akan dihadiri para pemimpin internasional, pemimpin daerah, dan pemimpin ketahanan pangan lokal,  pejabat pemerintahan, pelaku bisnis, media, para ahli akademik, dan pemimpin masyarakat sipil.

“Ini adalah upaya untuk menghadirkan  solusi  untuk memperkuat sistem ketahanan pangan, mengamankan rantai pasokan, dan melawan kelaparan  dunia,” jelas Prabowo.

Menurut Prabowo,  Indonesia adalah salah satu negara yang paling beruntung dibandingkan  negara lain.

“Lebih dari 300 juta jiwa di dunia sekarang mengalami  kelaparan di tengah melonjaknya harga bahan bakar dan pangan,” ujarnya.

Sementara itu, Atlantic Council President dan CEO Frederick Kempe mengatakan,  forum ini merupakan  sideline  KTT G20.

“Perang yang berlangsung  di Ukraina telah membentuk fokus baru untuk membahas kerentanan ketahanan pangan dan rantai pasokan.  Kami senang dapat bekerja sama dengan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia serta Kementerian Koordinator Bidang  Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia,” ujarnya.

No Comments

    Leave a Reply