PBB Puji Keketuaan G20 Indonesia

November 15, 2022

BRIEF.ID – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan  Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guiterres memuji Keketuaan G20 Indonesia. Sebagai negara berkembang,  Indonesia dinilai berhasil menyelenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di tengah situasi  memprihatinkan yang kini  melanda dunia.

“Indonesia mendemonstrasikan sebuah kemampuan besar untuk menyatukan para pihak untuk berdialog dan mendorong terciptanya solusi,” kata  Guterres, saat memberikan keterangan pers  menjelang KTT G20, di Nusa Dua, Bali.

Guiterres optimistis keberhasilan Indonesia juga akan diwujudkan saat menjadi Ketua Asean 2023, khususnya dalam menyelesaikan krisis di Myanmar.

G20 adalah forum multilateral beranggotakan  19 negara dan Uni Eropa, yang didirikan sejak 1999. Kelompok ini  mewakili 20  ekonomi terbesar dunia. Saat ini,  berbagai negara menghadapi kemelut seiring   krisis geopolitik yang melibatkan Ukraina vs Rusia, sehingga ber dampak serius pada perekonomian, ketersediaan pangan, dan energi.

“Pesan saya tentang pangan adalah kita perlu bertindak untuk mencegah terjadinya bencana kelaparan,” kata Guiterres

Indonesia menjalankan peranan Keketuaan G20 sejak November 2021, setelah menerima tongkat estafet kepemimpinan dari Italia. Rangkaian persiapan pertemuan G20 berlangsung selama hampir satu tahun  terakhir di berbagai kota di Indonesia, yang meliputi finance track dan sherpa track.

Acara puncak  KTT G20 yang dihadiri kepala negara dan pemerintahan, dijadwalkan berlangsung di Nusa Dua, Bali  15-16 November 2022.

Para pemimpin negara sudah berada di Bali untuk mengikuti rangkaian KTT G20 selama dua hari. Tiga isu utama yang dibahas pada keketuaan Indonesia adalah arsitektur kesehatanglobal, transformasi digital, dan transisi energi.

Di  akhir  penyelenggaraan KTT G20, Indonesia akan menyerahkan  estafet keketuaan kepada India.

No Comments

    Leave a Reply