Hadapi Ancaman Resesi, Rektor UI: Indonesia Punya Keunggulan Bertahan

October 25, 2022

BRIEF.ID –  Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro menyatakan,  Indonesia memiliki berbagai keunggulan untuk bertahan menghadapi ancaman resesi. Saat ini perekonomian global terancaman resesi seiring terjadinya krisis pangan,  energi,  finansial, dan geopolitik Rusia vs Ukraina.

“Kehadiran kelas menengah yang secara demografi juga berusia muda adalah mayoritas penduduk Indonesia. Kelompok ini  telah memperkuat perekonomian nasional melalui konsumsi domestik,” kata Ari melalui keterangan tertulis yang diterima Selasa (25/10/2022).

Ari mengungkapkan, Indonesia memiliki cadangan daya beli domestik cukup besar, terlebih lagi pembangunan infrastruktur kian membuat perekonomian semakin terintegrasi.

“Adanya jalan tol lintas Jawa dan Sumatera yang dibangun sebelum pandemi membuat sisi permintaan dan produksi menjadi lebih terintegrasi,” katanya.

Faktor-faktor pendukung inilah, yang menurut Ari menjadikan  Indonesia jauh berbeda dibandingkan negara- negara lain, termasuk Vietnam yang  mempunyai pertumbuhan ekonomi sangat tinggi di kawasan Asia Tenggara.

“Jadi Indonesia menjadi daerah yang menarik. Kalau ada pabrik perlu kelas menengah pekerja, lalu mereka butuh sekolah, kalau sudah butuh sekolah butuh perumahan, dan kalau butuh perumahan harus ada fasilitas pasar segala macam. Jadi itulah bedanya Indonesia misalnya dengan Vietnam, sebab dari sisi kelas menengah, Indonesia lebih banyak,” ujarnya.

No Comments

    Leave a Reply