News

Komunikasi dengan Investor Global, BI : Ini Langkah Pulihkan Ekonomi Indonesia

April 2, 2020

Pemerintah Indonesia melalui Bank Indonesia telah melakukan komunikasi dengan para investor global terkait perkembangan kondisi ekonomi di Tanah Air.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan komukasi tersebut dilakukan sebagai langkah awal pemerintah Indonesia dalam memperkuat ekonomi Indonesia. Hal ini dilakukan untuk sebagai tindak lanjut pemerintah dalam memperbaiki pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mulai melambat, disebabkan oleh penyebaran virus corona atau Covid – 19.

“Berbagai komitmen dilakukan dan lihat prospek ekonomi indonesia masih cukup baik itu yang ingin kami sampaikan untuk meluruskan dan penjelasan atas berbagai pemberitaan kemarin yang bergulir di global dan nasional seolah – olah nilai tukar rupiah akan 17.500 atau 20.000 itu what if skenario kalau tidak lakukan langkah bersama,” kata Perry, Jakarta, Kamis (02/04/2020).

Perry menjelaskan komunikasi yang dilakukan oleh pemerintah ini merupakan sebuah bentuk nyata bahwa investor global masih kuat untuk melakukan investasi di Indonesia. “Komunikasi kami ke investor global cerminkan confidence investor global ke indonesia cukup kuat. “

Perry menambahkan langkah pemerintah ini juga dinilai dapat mengembalikan nilai tukar rupiah. “Insya allah nilai tukar akan stabil dan menguat. Termasuk langkah pak presiden untuk perluas pembatasan social dalam skala besar dan diterapkan secara lebih luas.”

Sementara itu, ia meminta kepada masyarakat Indonesia dari seluruh golongan agar tetap mengikuti peraturan pemerintah dalam menghadapi Covid 19. “Karena itu dalam kesempatan ini tegaskan kembali dukungan masyarakat untuk patuhi arahan dari pemda maupun pempus. Agar covid 19 ini bisa diatasi dan karenanya dampak ke ekonomi dan rupiah bisa dijaga secara baik.”