News

Teknik Sipil dan Lingkungan IPB: Makin Dibidik, Makin Dilirik

March 17, 2020

Konsistensi IPB University di kancah dunia internasional terus mendapat apresiasi. Teranyar, IPB mendapat apresiasi masuk jajaran kampus top 100 dunia berdasar IPB University berdasarkan QS World University Ranking by Subject tahun 2019, yakni di bidang pertanian dan kehutanan. IPB konsisten 4 tahun berturut-turut di posisi top 100 dunia.

Di tahun yang sama, IPB juga berhasil menjadi 3 kampus terbaik di Indonesia. Bersama Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Lantas apa yang membuat IPB diganjar banyak apresiasi dunia? Salah satunya lantaran tiap jurusan atau program studi di kampus tersebut ‘diperkuat’ SDM (Sumber Daya Manusia) mumpuni. Alhasil, lulusan-lulusan IPB banyak berkiprah dan menempati posisi-posisi strategis, baik di perusahaan maupun pemerintahan.

Salah satu jurusan yang menjadi favorit di IPB adalah Teknik Sipil dan Lingkungan. Prodi ini berada di bawah naungan Fakultas Teknologi Pertanian, bersama Teknik Pertanian dan Biosistem, Teknologi Pangan, dan Teknik industri Pertanian.

Merujuk data SBMPTN 2018 prodi ini juga menjadi salah satu yang banyak disukai, dengan jumlah peminat sebanyak 1.753 orang pada SBMPTN 2018. Jumlah itu meningkat dari 1.217 orang pada 2016, lalu bertambah menjadi 1.395 orang pada 2017.

Wajar memang jurusan ini banyak dilirik calon-calon mahasiswa. Mereka yang lulus memiliki kesempatan lapangan kerja yang luas. Yakni perusahaan konstruksi, penyedia air bersih dan pengelolaan sanitasi; lembaga konsultan, lembaga pendidikan, lembaga penelitan dan pengem bangan, lembaga/badan/departemen/pemerintahan, wirausaha.

Adapun kompetensi lulusan yang dimiliki para mahasiswanya antara lain penguasaan ilmu teknik untuk perencanaan dan pengelolaan sumberdaya air, infrastruktur dan bangunan serta penanganan populasi dan sanitasi lingkungan.

Pun dan sisi keunggulan kurikulumnya. Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan mengintegrasikan empat bidang keahlian yaitu Teknik Sumber Daya Air, Teknik Struktur dan Infrastruktur, Teknik Lingkungan dan Teknik Geomatika.