Weekly Brief

Alokasi APBN Lebih Produktif

February 7, 2019

Jakarta – Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) memaparkan dari data Mei 2018 relokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di tahun 2018 menjadi lebih produktif dan berkualitas. Alokasi anggaran tersebut diberikan untuk Pendidikan, Infrastruktur, dan Subsidi BBM.

Terlihat di tahun 2018 alokasi anggaran untuk pendidikan tercatat sebesar Rp444 triliun, anggaran infrastruktur sebesar Rp411 triliun, dan subsidi BBM sebesar Rp 47 triliun.

Menurut KEIN pembangunan infrastruktur untuk rumah susun, khusus, dan swadaya sudah dibangun sebanyak 341.500 unit. Lalu, untuk relokasi, pelebaran, dan pembangunan sepanjang 9.544 km jalan.

Untuk pendidikan di Indonesia menunjukkan perkembangan yang sangat baik. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya angka partisipasi sekolah, angka partisipasi kasar dan angka partisipasi murni.

Sementara itu, untuk mengurangi angka kemiskinan di Indonesia. Di tahun 2018 pemerintah mengalokasikan Rp283,7 triliun untuk program unggulan kemiskinan sebagai dukungan pada masyarakat yang berpendapatan rendah agar lebih tepat sasaran, tepat jumlah, dan tepat waktu.