BRIEF.ID — Tren social sport semakin menjadi bagian tak terpisahkan dari gaya hidup sehat masyarakat urban di Indonesia. Menjawab tantangan tersebut, merek susu pasteurisasi lokal Susu Mbok Darmi resmi meluncurkan ‘Bukan Olahraga Biasa’ (BOB).
Dhony Pratama, CEO Susu Mbok Darmi mengatakan, BOB adalah sebuah platform sportainment inovatif yang dirancang untuk memadukan energi olahraga, keseruan hiburan, dan interaksi komunitas dalam satu wadah yang dinamis.
Menurutnya, olah raga sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat urban. Memahami dinamika ini, Susu Mbok Darmi merancang BOB sebagai platform adaptif dengan format modular yang dapat diimplementasikan ke berbagai cabang olahraga populer.
“Inisiatif ini menegaskan komitmen Susu Mbok Darmi untuk tidak hanya menyediakan nutrisi, tetapi juga membangun ruang interaksi yang positif dan sehat. Langkah perdananya, “Bukan Padel Biasa”, telah sukses diselenggarakan pada Juli lalu dan mendapat sambutan hangat dari berbagai komunitas,” ujarnya.
Langkah ini pun diambil di tengah momentum pertumbuhan tren gaya hidup aktif di tanah air. Padel memang mencuat sebagai salah satu cabang olahraga dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara, di mana Indonesia menempati peringkat keenam.

Survei Populix belum lama ini menunjukkan bahwa 94% masyarakat Indonesia kini rutin berolahraga setidaknya sekali seminggu, dengan lari, bersepeda, dan olahraga berbasis komunitas menjadi pilihan utama.
Fenomena Padel bahkan diakui oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo, yang menyebut Padel sebagai “social sport” ideal untuk memperkuat interaksi sosial. Selain itu, dalam beberapa tahun terakhir, lari juga telah menjadi salah satu olahraga paling populer di Indonesia. Hal ini terlihat dari menjamurnya berbagai event lari yang diikuti oleh pelari amatir maupun profesional.
“Setelah sukses dengan Padel, BOB akan segera merespons tren lari yang juga sangat digemari dengan menggelar “Bukan Lari Biasa” dalam waktu dekat. Olah raga kini bukan lagi tren sesaat, tetapi telah menjadi kebutuhan dan bagian penting dari gaya hidup masyarakat,” tutur Dhony.
Dengan demikian melalui BOB, pihaknya ingin melampaui peran sebagai produsen susu. Susu Mbok Darmi ingin menciptakan sebuah ekosistem di mana masyarakat dan komunitas dapat merasakan langsung esensi gaya hidup sehat secara inklusif dan menyenangkan, sambil terus menikmati kebaikan gizi dari Susu Mbok Darmi.
Sebagai merek susu pasteurisasi lokal yang telah hadir lebih dari satu dekade, Susu Mbok Darmi pun ingin membuktikan bahwa brand lokal bisa menjadi pelopor gerakan gaya hidup aktif. Tidak hanya menghadirkan produk bergizi, tetapi juga memfasilitasi interaksi positif, mendukung pertumbuhan komunitas, serta memperkuat nilai hidup sehat secara berkelanjutan.
Dengan format modular yang bisa diadaptasi ke berbagai cabang olahraga, BOB diharapkan menjadi platform sportainment berkelanjutan. Tujuannya bukan hanya menyelenggarakan event, tetapi juga menumbuhkan ekosistem di mana olahraga dapat berkembang seiring perubahan budaya, aspirasi generasi muda, dan kebutuhan masyarakat urban Indonesia.
“BOB bukan sekadar program olahraga, melainkan gerakan. Kami percaya gaya hidup sehat harus dekat dengan masyarakat, dan BOB adalah jembatan untuk menjadikan olahraga bagian dari keseharian, bukan sekadar kegiatan musiman,” tutup Dhony. (lsw)