Malam Puncak Waisak 2568 BE/2024 Sukses Digelar

May 24, 2024

BRIEF.ID –Ketua Umum DPP WALUBI yang juga Ketua Panitia Waisak Nasional 2024, Hartati Murdaya  menyampaikan apresiasi kepada semua pihak atas terselenggaranya malam puncak perayaan Waisak 2568 BE/2024 di Lapangan Marga Utama Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Kamis (23/5/2024) malam.

“Malam puncak perayaan waisak 2568 BE/2024  berjalan lancar, khidmat, dan tenang. Puja-puji doa dilantunkan para biksu dan ribuan umat Buddha,’ kata Hartarti melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (24/5/2024).  

Ia mengatakan, kemegahan, kemeriahan, dan keindahan Candi Borobudur  terlihat ketika ratusan lampion diterbangkan dan terus mengudara menghiasi malam Wasiak 2568 BE di Candi Borobudur.

Suasana haru dan bahagia juga terpancar dari wajah ribuan peserta yang datang dari berbagai daerah dan agama, yang  antusias mengikuti prosesi malam puncak perayaan Waisak.

Tema Waisak Nasional tahun 2024  adalah “Untuk Hidup Bahagia Sebagai Makhluk dan Manusia, Marilah Kita Meningkatkan Kesadaran yang Diajarkan oleh Sang Buddha.”

Sedangkan sub tema adalah “Hindarilah Keserakahan Duniawi, Kebodohan, Kemarahan dan Kebencian.”  

“Pelepasan ratusan lampion ini bermakna, tidak hanya menerangi kegelapan. Namun, lebih dari itu, pentingnya hidup berdampingan dalam harmoni, saling menghormati untuk kebaikan bersama,” kata Hartati.

Ia mengatakan,  seluruh warga bangsa, khususnya umat Buddha harus terus dapat memperkuat sikap persatuan dan kesatuan untuk menguatkan dan mengimplementasikan ajaran Buddha bagi kehidupan.

“Kita berharap, semua umat dapat mempererat tali persaudaraan antar sesama untuk perdamaian dunia. Semoga cahaya lampion yang diterbangkan malam ini menjadi penerang bagi jalan hidup yang lebih baik dan damai,” ucap Hartati Murdaya.

No Comments

    Leave a Reply