Pemerintah Tertibkan Pemudik Arus Balik Tidak Disiplin di Pelabuhan Penyeberangan

April 12, 2024

BRIEF.ID –  Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy meminta aparat terkait menertibkan  pemudik yang tidak disiplin, khususnya yang melalui pelabuhan penyeberangan.

Sampai saat ini, masih ditemukan pemudik yang nekad datang ke pelabuhan, padahal belum memiliki tiket sehingga menghambat pergerakan lalu lintas di area pelabuhan.

“Saya berharap betul, kepada para pemudik yang akan kembali pada arus balik, terutama dari arah Bakauheni mohon untuk jangan datang sebelum membawa tiket. Dan, gunakanlah tiket pada hari itu juga. Pasti bisa berangkat,” kata Muhadjir usai memimpin rapat koordinasi kesiapan pelaksanaan operasional Arus Balik Lebaran 2024 di Kantor Jasa Marga KM 70, Cikampek, Jawa Barat, Kamis (11/4/2024).

Ia mengatakan, arus balik Lebaran mempunyai karakteristik  berbeda dengan arus mudik. Jika arus mudik gerakannya menyebar atau sentrifugal, arus balik justru sentripetal alias mengerucut ke salah satu titik, yaitu ibukota dan sekitarnya.

“Pengelolaan arus balik tentu jauh lebih sulit dibanding saat arus mudik. Karena itu nanti mohon kesadarannya para pemudik agar betul-betul mematuhi kedisiplinan agar semua yang akan masuk kembali bekerja di ibukota Jakarta dan sekitarnya itu bisa dilayani dengan baik oleh Korlantas,  Kementerian Perhubungan, maupun Kementerian PUPR, dan kementerian-kementerian yang lain,” jelasnya.

No Comments

    Leave a Reply