Jelang Ramadan,Kemenag Gandeng Aktivis Medsos Jadi Kader Hisab Rukyat

March 9, 2024

BRIEF.ID – Direktorat Jenderal (Ditjen) Bimas Islam Kementerian Agama menggandeng ratusan  aktivis media sosial menjadi kader hisab rukyat nasional.

Aktivis media social yang berasal dari kalangan milenial dan Gen Z, tergabung dalam “Catch the Moon Ramadhan Kareem” Edukasi, Simulasi, dan Visualisasi Hilal Awal Ramadhan 1445 H.

“Saudara-saudara, adik-adik sekalian adalah para influencer atau para aktivis media sosial. Kalian yang akan memenangkan kontestasi itu. Jadi, saya kira kegiatan ini akan sangat produktif, karena kita akan mencoba mengambil porsi dalam kontestasi di dunia maya,” ujar kata Dirjen Bimas Islam, Kamaruddin Amin melalui keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (9/3/2024).

Ia mengatakan, pada era kemajuan teknologi, kontestasi di ruang publik akan didominasi kalangan milenial dan Gen Z, yang paling sering hadir.

Disebutkan, memperkenalkan Hisab Rukyat sesungguhnya merupakan kebutuhan umat Islam seluruh dunia yang tidak banyak diketahui.

Sementara itu, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Ditjen Bimas Islam Kemenag, Adib mengatakan, kaderisasi Hisab Rukyat dikemas dalam berbagai kegiatan, termasuk melibatkan milenial dan influencer dari seluruh Indonesia.

Adib mengatakan, pendaftar melalui daring lebih dari 3.500 orang dan ada juga yang datang langsung mengikuti workshop bersama Tim Kehumasan Ditjen Bimas Islam.

“Ada juga yang hadir melalui Zoom sebanyak 734 peserta. Selain itu, juga ada yang mengikuti melalui live streaming. Jadi, peserta keseluruhannya sekitar 3.500 orang,” ungkap Adib.

No Comments

    Leave a Reply