Mahfud Berziarah ke Makam Proklamator Bung Hatta

January 2, 2024

BRIEF.ID – Calon Wakil Presiden (Cawapres) Nomor Urut  3, Mahfud MD, berziarah ke makam Wakil Presiden pertama RI, Mohammad Hatta yang  akrab disapa Bung Hatta.

Mahfud yang kini menjabat Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan,  berziarah ke  Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (2/1/2024).

Setiba di makam, Mahfud disambut Keluarga Bung Hatta,  yaikni Meutia Hatta, Gemala Hatta, dan Halida Hatta, serta beberapa cucu Bung Hatta.

“Hari ini, hari pertama kerja di tahun 2024, saya tidak melakukan kegiatan lain, tapi berziarah dulu ke makam Bung Hatta,” kata Mahfud  didampingi putri-putri dan cucu-cucu Bung Hatta.

Mahfud menekankan, setiap anak bangsa di Indonesia  sangat perlu memberi penghormatan kepada sosok Bung Hatta. Jangan sampai ada anak bangsa yang melupakan jasa-jasa besar proklamator, baik Bung Karno maupun Bung Hatta.

“Tanpa keduanya, kira-kira Indonesia tidak akan mudah meraih kemerdekaan,” ujar Mahfud.

Selain itu, Mahfud mengaku sangat terkesan atas  pribadi  Bung Hatta yang sederhana  dan dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia. Bagi Mahfud, Kesederhanaan Bung Hatta sangat penting bisa dicontoh dan menjadi teladan setiap anak bangsa di Indonesia.

“Kesederhanaan Bung Hatta itu tidak pernah lekang dari benak anak bangsa,” kata Mahfud.

Mahfud MD menegaskan, salah satu peninggalan penting Sang Proklamator, yaitu konsep kepemimpinan Dwi Tunggal antara Bung Karno dan Bung Hatta. Kelak bila Ganjar-Mahfud diberi amanah oleh rakyat Indonesia, konsep kepemimpinan Dwi Tunggal ini akan diterapkan  karena cocok bagi kondisi bangsa Indonesia saat ini.

Sebelumnya, Mahfud juga  berziarah ke makam Presiden pertama RI Soekarno atau Bung Karno di Blitar, Jawa Timur. Ziarah dilakukan usai deklarasi Mahfud MD sebagai Calon Wakil Presiden mendampingi Ganjar Pranowo, pada bulan Oktober 2023.

No Comments

    Leave a Reply