Di Pusara Gus Dur, Ganjar Pranowo Ungkap Keinginannya yang Tidak Pernah Terwujud

January 12, 2024

BRIEF.ID – Ada satu keinginan Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo yang belum terwujud hingga Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid yang akrab disapa  Gus Dur wafat.

Saat berziarah ke makam Gus Dur di Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng di  Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Jumat (12/1/2024), Ganjar mengungkap  keinginannya yang tidak  pernah terwujud, yakni bersalaman dengan Gus Dur.

Meski tidak pernah bersalaman dengan Gus Dur, Ganjar mengaku  bahagia. Ia mengaku bersalaman dengan istri Gus Dur, Ibu Sinta Nuriyah Wahid serasa bertemu Gus Dur. Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu mengaku,  sering bertemu Ibu Sinta,  dan selalu merasa damai ketika berdiskusinya dengannya.

“Obsesi saya, yang dari dulu ingin bersalaman dengan Gus Dur tidak pernah terjawab. Dan, hari ini saya bersalaman dengan Ibu Sinta dan Mbak Yenny Wahid. Saya merasa damai,” kata Ganjar.

Di depan pusara Gus Dur, Ganjar mengenang  saat Gus Dur mengunjungi  kediaman Ketua Umum PDI  Perjuangan Megawati Soekarnoputri di kawasan Kebagusan, Jakarta Selatan,  menjelang Peristiwa Kudatuli 17 Juli 1996.

Peristiwa Kudatuli (singkatan  dari Kerusuhan Dua Puluh Tujuh Juli) atau Peristiwa Sabtu Kelabu adalah tragedi  pengambilalihan secara paksa kantor DPP Partai Demokrasi Indonesia (PDI) di Jalan Diponegoro 58 Jakarta Pusat,  yang saat itu dikuasai pendukung Megawati Soekarnoputri.

Penyerbuan dilakukan  massa pendukung Soerjadi (Ketua Umum versi Kongres PDI di Medan)  dibantu  aparat  dari Kepolisian dan TNI.

Ganjar mengatakan, menjelang Peristiwa Kudatuli, Gus Dur datang ke kediaman Megawati, keduanya bertemu di Ruang Kaca, ngobrol, dan tertawa.

Saat itu, kata Ganjar, Gus Dur minta Mi Instan. Adapun Ganjar dan almarhum suami Megawati, Taufiq Kiemas berada di dapur.

“Sehingga obsesi saya yang dari dulu kepingin salaman dengan Gus Dur tidak pernah terjawab,” tukasnya.

Kini, Ganjar mengaku  bahagia karena bisa berkenalan dan berkomunikasi akrab dengan keluarga besar Gus Dur.

Selain itu, putri Gus Dur, Yenny Wahid kini masuk  dalam struktur Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar -Mahfud, sebagai  Dewan Penasihat bersama Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani.

No Comments

    Leave a Reply