Debat Pilpres 2024, TPN Optimistis Ganjar Tampil Prima, Bukan Hanya Teori

January 30, 2024

BRIEF.ID  – Dewan Pakar Bidang Ketenagakerjaan Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Poempida Urip Priyopurnomo Hidayatulloh optimistis Calon Presiden (Capres) Nomor 2 Ganjar Pranowo akan tampil prima, pada debat terakhir atau kelima Pilpres 2024,  yang akan digelar,  Minggu (4/2/2024).

Adapun  debat kelima mengusung tema Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi. Debat akan menghadirkan tiga Capres, yaitu   Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Menurut Poempida, tema debat kelima Pilpres 2024 sudah dilaksanakan Ganjar selama 10 tahun menjadi Gubernur Jawa Tengah (Jateng), periode 2013-2018 dan 2018-2023 sehingga bukan hal yang asing lagi atau bukan teori lagi.

Misalnya, saat menjabat gubernur, Ganjar memiliki program SMK Gratis di Jateng untuk warga miskin.

“Sekarang ada Program Satu Sarjana Satu Keluarga Miskin, di bidang kesehatan Program Satu Desa Satu Faskes dan Satu Nakes,” ujar Poempida di Jakarta, Selasa (30/1/2024).

Makan Siang Bukan Solusi Stunting

Lebih lanjut, dikatakan untuk persoalan stunting, Ganjar-Mahfud akan mengatasinya dengan solusi yang komprehensif, mulai dari pemeriksaan kesehatan bayi sejak lahir hingga kesejahteraan kader posyandu pun jadi perhatian.

Dikatakan, Ganjar-Mahfud akan menggalakkan pendataan kesehatan bayi sejak lahir secara digitalisasi di tingkat Posyandu, sehingga kondisi setiap bayi dan anak terpantau. Data itu juga akan merekam status vaksinasi anak.

Cara ini, ujarnya, akan mencegah terjadinya stunting dan berbagai penyakit, baik penyakit menular dan tidak menular.

Tidak hanya itu, keadaan sanitasi di sekitar tempat tinggal warga pun menjadi perhatian, karena jika akses air bersih terbatas untuk mandi, mencuci dan buang iar di permukiman tidak memenuhi syarat sanitasi yang baik, maka bisa berisiko penyakit menular seperti diare.

“Oleh karena itu, kita mengedapankan upaya promotif dan preventif dibanding pengobatan atau kuratif hingga ke desa-desa. Untuk mengatasi stunting, misalnya, tidak cukup hanya dengan makan siang gratis,” tegasnya.

Insentif Kader Posyandu

Mantan Anggota Komisi IX DPR RI ini juga menyebut, pihaknya akan mendorong putra daerah  mengikuti program pendidikan dokter spesialis agar distribusi dokter spesialis lebih merata di seluruh Indonesia, khususnya di daerah terpencil. Selain itu, kader posyandu pun akan diberi insentif.

Istri Calon Presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Suprianti saat bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Nurul Khalil di Poncogati, Curah Dami, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Rabu (24/1/2024), juga menekankan kembali soal komitmen Ganjar-Mahfud  memberikan insentif bagi kader penggerak posyandu.

Menurut Atikoh, kader posyandu sebagai ujung tombak yang banyak berperan memberantas stunting sampai menanggulangi Covid-19 sehingga wajar negara memberikan mereka insentif.

Poempida menyebut, di bidang ketenagakerjaan Ganjar-Mahfud akan merevisi UU Cipta Kerja. Hal penting yang akan diubah adalah persoalan karyawan kontrak.

“Tidak ada karyawan kontrak seumur hidup, tidak boleh dong, harus ada kepastian berkarier dan kepastian masa depan. Jangan hanya jaminan tenaga kerja saja,” ujarnya.

Para pekerja yang sudah tidak bekerja akan mendapat pensiun, lanjutnya.

“Jadi konsep Ganjar-Mahfud itu adalah menyehatkan masyarakat dari mulai lahir, kemudian diberi pendidikan agar cerdas, dan tersedia lapangan pekerjaan, lalu menyejahterakan rakyat,” pungkas dia.  

No Comments

    Leave a Reply