Komika Sering Diserang, Ganjar: Kritik dan Otokritik Hal Biasa

December 21, 2023

BRIEF.ID  – Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo angkat bicara mengenai para komika yang belakangan ini sering diserang karena mengangkat isu politik. Ganjar menilai pada era reformasi dan demokrasi,  kritik dan otokritik adalah hal yang biasa.

“Mungkin yang perlu diperhatikan adalah tidak menyakiti. Kritik boleh, kritiklah kebijakannya. Tapi jangan menyinggung fisik, agama, dan sukunya, karena itu barrier (batas) yang seharusnya enggak boleh disinggung,” kata Ganjar saat berbicara pada Festival “Teman Cerita IDN” di Djakarta Theater XXI, Jakarta, Kamis (21/12/2023).

Acara itu menampilkan sejumlah komika, bahkan putra tunggalnya, Muhammad Zinedine Alam Ganjar, berperan a’la komika yang meroasting ayahnya.

Menjawab pertanyaan wartawan mengenai beberapa komika yang kerap mendapat serangan akibat konten kritikan berbau politik, Ganjar mengatakan, seharusnya setiap kritikan diterima dengan legowo.

“Dengarkan kontennya, jangan kemudian bahasa dan mimik. Lihat intinya, mereka bawakan dengan lawak, jadi lihat kontennya supaya biasa saja menerimanya, meskipun dikiritik,” ujar Ganjar.

Sementara itu, menanggapi kritik yang kerap disampaikan komika, Ganjar menilai hal itu bisa dinilai sebagai salah satu cara menyampaikan aspirasi. Pasalnya, sebagian besar konten yang dibuat komika mengangkat persoalan di masyarakat atau isu yang sedang menjadi sorotan publik.

Terkadang, lanjutnya, kata-kata yang digunakan komika terkesan menyengat, namun hal itu bisa dianggap sebagai bagian dari bagaimana kedewasaan setiap pihak yang dikritik untuk menerima kritikan.

Ganjar juga mengistilahkan kritikan komika sebagai gymnastic perasaan karena bisa membolak-balik perasaan.

“Ya sebenarnya mereka menyampaikan konten yang bagus mengenai persoalan di masyarakat dengan gaya yang lucu, meskipun dengan kata-kata yang agak menyengat tapi itu sebenarnya bagian dari gymnastic perasaan,” tutup Ganjar.

No Comments

    Leave a Reply