Delegasi MIKTA Bertemu Presiden Bahas Kerja Sama Ekonomi

November 21, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo menerima  delegasi MIKTA Speakers’ Consultation ke-9 di Istana Merdeka, Jakarta,  Senin (20/11/2023) untuk membahas kerja sama ekonomi. Negara-negara anggota MIKTA terdiri atas  Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, dan Australia.

“Tentunya bagaimana kita bisa membangun kerja sama yang lebih baik lagi, khususnya yang lebih inklusif sambil juga kita melihat bagaimana keberpihakan kepada negara-negara global south untuk bisa membangun industri dalam hal membangun hilirisasi dari kekuatan-kekuatan ekonomi yang dimiliki,” kata Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Pahala Mansury di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (20/11/2023).

Ia mengatakan, terkait isu perubahan iklim, Presiden  juga menyinggung upaya konkret MIKTA untuk mendorong adanya transisi energi yang lebih adil dan dapat membantu negara-negara selatan global untuk dapat mengembangkan energi baru terbarukan.

“Bagaimana MIKTA bisa mendorong adanya climate action yang konkret untuk bisa mendorong adanya transisi energi yang lebih adil, sehingga betul-betul akan membantu negara-negara global south untuk bisa mengembangkan energi yang baru dan juga terbarukan sebagai salah satu jawaban terhadap tantangan perubahan iklim yang ada,” katanya.

Turut mendampingi Presiden dalam pertemuan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung .

No Comments

    Leave a Reply