Presiden Jokowi Pimpin Upacara Parade Senja

October 10, 2023

BRIEF.ID –  Presiden  Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara Parade Senja dan penurunan bendera Merah Putih, di Lapangan Bela Negara, Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Jakarta, Senin (9/10/2023).

Upacara Parade Senja  merupakan bagian dari rangkaian hari ulang tahun (HUT) ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI), yang diperingati setiap tanggal 5 Oktober.

Presiden Jokowi yang tiba di lokasi upacara  sekitar pukul 18.00 WIB, disambut  Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Upacara diawali  laporan komandan upacara kepada Presiden Jokowi selaku inspektur upacara, yang dilanjutkan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa-jasa pahlawan yang telah gugur.

“Untuk mengenang jasa para pahlawan dan para pejuang-pejuang bangsa, mengheningkan cipta dimulai,” kata Presiden.

Presiden Joko Widodo duduk berdampingan dengan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono pada upacara Parade Senja dalam rangka HUT ke-78 TNI di Lapangan Bela Negara, Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, Jakarta, Senin (9/10/2023).

Selanjutnya, dilakukan penurunan bendera Merah Putih yang berkibar di Lapangan Bela Negara, Kemenhan, diiringi lagu kebangsaan “Indonesia Raya.”

Usai upacara penurunan bendera, dikumandangkan “Andhika Bhayangkari.” Rangkaian prosesi ditutup dengan laporan dari komandan upacara kepada inspektur upacara serta penghormatan kebesaran.

Usai upacara, Presiden beserta tamu undangan lainnya menyaksikan parade pasukan atau defile.

Hadir  dalam upacara, antara lain Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Wakil Presiden RI ke-6 Try Sutrisno, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman,  Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali, dan perwakilan negara-negara sahabat.

No Comments

    Leave a Reply