Dubes Rosan Optimistis Hubungan ASEAN-Australia Terus Menguat

October 5, 2023

BRIEF.ID – Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk Amerika Serikat (AS) Rosan Perkasa Roeslani optimistis masa depan hubungan ASEAN-Australia semakin  menguat  seiring  kolaborasi konstruktif di bidang ekonomi, keamanan, politik, dan budaya.

Hubungan ekonomi dan perdagangan ASEAN – Australia  dimulai sejak tahun 1974 melalui pembentukan ASEAN-Australia Consultative Meeting (AACM), yang  diikuti  berbagai dialog dan forum.  

“Saya mengadakan  pertemuan ASEAN Coordinating Working Group (ACW) bersama Duta Besar Australia untuk Amerika Serikat,  Kevin Rudd,” kata Rosan melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (5/10/2023).  

Dalam pertemuan yang berlangsung akrab, Rosan menekankan tentang  pentingnya  untuk menjaga  kolaborasi konstruktif di bidang ekonomi, keamanan, politik, dan budaya. ASEAN, lanjutnya, saat ini merupakan mitra dagang terbesar ketiga  Australia dan menyumbang 15% dari total perdagangan Australia.

“Bapak Duta Besar Kevin Rudd menyampaikan dalam kesempatan ini bahwa tahun depan adalah peringatan 50 tahun hubungan strategis  Australia-ASEAN,” kata dia.

Australia, lanjutnya, juga telah meresmikan Strategi Ekonomi Asia Tenggara hingga tahun 2040 yang bertujuan untuk meningkatkan hubungan ekonomi dan perdagangan regional, dengan fokus bekerja sama di bidang pertanian, energi, dan infrastruktur.

“Kita semua berharap bahwa diplomasi dan kerja sama dengan berbagai negara dapat memberikan dampak pertumbuhan ekonomi bagi ASEAN maupun juga Indonesia,” kata Rosan.

No Comments

    Leave a Reply