PwC Ungkap Kontribusi Signifikan Traveloka Bagi Industri Pariwisata  

September 21, 2023

BRIEF.ID – PwC Indonesia, meluncurkan hasil  kajian tentang  kontribusi salah satu tech unicorn  asal Indonesia, Traveloka yang juga dikenal sebagai  platform travel  terdepan se-Asia Tenggara pada industri pariwisata.

Hasil kajian  PwC menyebutkan bahwa  Traveloka berperan penting bagi pertumbuhan  ekonomi Indonesia, khususnya  industri pariwisata pada periode  pasca-pandemi, penciptaan lapangan kerja, aspek keberlanjutan, dan inovasi.

“Traveloka  berhasil menstimulasi penciptaan nilai tambah bruto (NTB) di Indonesia sebesar US$ 10 miliar,  selama kurun waktu  2019-2022. Nilai ini  setara dengan  perekrutan 360 ribu tenaga kerja di Indonesia setiap tahunnya,” kata President Traveloka, Caesar Indra melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (21/9/2023).

Indra mengatakan, dari  jumlah US$ 10 miliar, sebesar US$ 4,5 miliar  berasal dari industri pariwisata atau setara  2,70% Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia, yang  berdampak positif bagi sektor  pertanian dan energi.

Lebih lanjut  Indra mengungkapkan,  pada dekade lalu, Traveloka hadir sebagai penyedia solusi perjalanan berbasis  teknologi. Dalam perjalanannya, Traveloka konsisten  menghadirkan pengalaman terbaik bagi pengguna,  mendorong inovasi, dan pertumbuhan ekosistem pariwisata berkelanjutan.

Menurut Indra,  hasil studi  PwC  membantu Traveloka  memahami dan mengukur seberapa besar dampak ekonomi yang diberikan  perusahaan dan mengidentifikasi beragam peluang untuk dapat berkontribusi lebih jauh lagi untuk industri pariwisata Indonesia dan Asia Tenggara.

Sementara itu,  Direktur PwC Indonesia Julian Smith mengatakan,  studi yang dilakukan  mengungkap ripple effect  Traveloka di  berbagai sektor, baik  di  Indonesia maupun kawasan Asia Tenggara.

 “Hasil studi ini menggambarkan hubungan simbiosis antara Traveloka dan perekonomian, serta mendorong pertumbuhan dan inovasi,  dalam periode di mana ketahanan dan kemampuan beradaptasi menjadi hal  sangat penting. Traveloka adalah unicorn teknologi yang maju pesat serta  menjadi katalis perubahan positif di  Asia Tenggara. Sangat inspiratif dan  menjadi  tolok ukur praktik bisnis berkelanjutan,” ujarnya.

No Comments

    Leave a Reply