Film “Kejarlah Janji,” Edukasi Masyarakat, Pemilu Sebagai Peristiwa Budaya

September 16, 2023

BRIEF.ID – Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) merilis film berjudul “Kejarlah Janji” untuk mengedukasi masyarakat bahwa Pemilihan Umum (Pemilu) adalah peristiwa budaya dan bukan kontestasi kekuasaan.

Gala Premier “Kejarlah Janji” yang digelar di Epicentrum XXI, Jakarta Selatan, Jumat (15/9/2023) malam, khusus dibuat untuk menumpas sisa-sisa perpecahan politik imbas polarisasi pada pemilu-pemilu sebelumnya.

Film ini berkisah tentang kehidupan sehari-hari seorang ibu bernama Pertiwi (diperankan Cut Mini). Ia memiliki tiga orang anak, yakni Adam (Bima Zeno), Sekar (Shenina Cinnamon), dan Isham (Thomas Rian).

Menurut Ketua KPU RI  Hasyim Asy’ari, “Kejarlah Janji” diproduksi KPU dan sutradara Garin Nugroho.

“Pemilu bukan sekedar peristiwa kontestasi kekuasaan, kontestasi ekonomi, tapi sebuah peristiwa kebudayaan, persaudaraan, pertemanan, kekerabatan yang kita utamakan. Dan, bagaimana kita mencari jalan keluar menghadapi situasi situasi Itu,” kata Hasyim .

Dikatakan, masyarakat Indonesia yang multikultural dan majemuk dalam menghadapi pemilu atau pun pilkada sudah pasti menemui konflik, baik dalam keluarga maupun masyarakat luas.

Melalui “Kejarlah Janji,” Hasyim berharap masyarakat tidak terpecah belah dalam peristiwa kontestasi kekuasaan pada pemilu kali ini.

“Film Kejarlah Janji setidak-tidaknya harapan kami bukan sekadar jadi tontonan bagi kita semua, kita bisa mengambil hikmah makna yang semoga bisa menjadi tuntunan bagi kita menghadapi situasi politik,” katanya.

No Comments

    Leave a Reply