Pemerintah Evaluasi Pemberian Bebas Visa Kunjungan

August 1, 2023

BRIEF.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Manparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, pemerintah akan mengevaluasi pemberian bebas visa kunjungan bagi wisatawan dari 159 negara.

“Rapat internal  memutuskan dalam satu bulan ke depan akan melakukan evaluasi negara-negara mana yang akan dimasukkan pada bebas visa kunjungan,” kata Sandiaga saat memberikan keterangan pers usai rapat terbatas Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka,  Jakarta, Selasa (1/8/2023).

Sandiaga mengatakan, rapat yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) khusus membahas  tentang kebijakan pemerintah mengevaluasi pemberian bebas visa kunjungan.

Menurut Sandiaga,  evaluasi dilakukan untuk mewujudkan pariwisata Indonesia yang berkualitas dan berkelanjutan  meskipun target pariwisata Indonesia telah melampui proyeksi batas atas.

“Dulu kita ada bebas visa kunjungan untuk 159 negara ditambah 10 negara ASEAN. Ini nanti akan dievaluasi berbasis tiga hal, yaitu reciprocity (timbal balik), kebermanfaatan, dan keamanan,” kata dia.

Disebutkan  bahwa  wisatawan yang dibidik  adalah  yang berkualitas dengan lama kunjungan di atas 7 hari. Selain itu, jumlah biaya yang dikeluarkan  di atas  US$ 1.000 per orang.

Terkait kebijakan Golden Visa, Sandiaga mengatakan bahwa  masih dalam tahap finalisasi. “PP-nya akan difinalisasi dan segera akan difinalkan nanti setelah mendapatkan persetujuan dari Presiden,” jelas dia.

Ia  mengungkapkan, pemerintah akan berhati-hati dalam melakukan evaluasi sehingga wisatawan yang berkualitas dan  memberikan dampak yang tinggi terhadap perekonomian nasional.

“Kita pastikan lapangan usaha terbuka, ekonomi bergerak, dan tentunya jumlah lapangan kerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif makin meningkat,” katanya.

No Comments

    Leave a Reply