BMKG Prakirakan Cuaca Cerah Berawan Dominasi Kota Besar di Indonesia

August 15, 2023

BRIEF.ID –  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca cerah berawan mendominasi sejumlah kota besar di Indonesia, pada Selasa (15/8/2023).

Mengutip  laman resmi BMKG, bmkg.go.id, disebutkan bahwa cuaca cerah berawan diprakirakan akan terjadi di Banda Aceh, Serang, Denpasar, Bengkulu, Yogyakarta, Gorontalo, Bandung, Banjarmasin, Palangkaraya, Samarinda, Tarakan, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Bandar Lampung, Kupang, dan Palembang.

Sedangkan cuaca cerah diprediksi terjadi di Jakarta, Semarang, Surabaya, Pontianak, dan Makassar. Sedangkan cuaca berawan berpotensi terjadi di Jambi, Mataram, Ternate, Jayapura, Pekanbaru, Mamuju, Kendari, dan Padang.

Di sisi lain, BMKG memprakirakan  hujan dengan intensitas ringan akan turun di Ambon, Medan, Manado, dan Manokwari.

Memasuki malam hari, cuaca cerah berawan masih mendominasi  sejumlah kota  di Indonesia, seperti di Banda Aceh, Jakarta, Gorontalo, Jambi, Bandung, Semarang, Pontianak, Banjarmasin, Samarinda, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Bandar Lampung, Mataram, Kupang, Pekanbaru, dan Padang.

Cuaca berawan berpotensi terjadi di Denpasar, Serang, Yogyakarta, Palangkaraya, Tarakan, Ternate, Jayapura, Manokwari, Semarang, Pontianak, Banjarmasin, Mamuju, Makassar, Kendari, Manado, dan Palembang. Cuaca cerah diprakirakan terjadi di Surabaya. Hujan dengan intensitas ringan diprakirakan mengguyur  Bengkulu dan Ambon. Sebaliknya, menurut BMKG, hujan lebat akan mengguyur Medan.

BMKG memprediksi musim hujan baru terjadi pada bulan November mendatang, usai musim kemarau kering berkurang intensitasnya pada bulan Oktober.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan bahwa puncak musim kemarau kering terjadi di pertengahan Agustus hingga September dengan intensitas panas yang makin meningkat.

“Nanti setelah masuk Oktober, mulai berkurang, berkurang tetapi masih kering. Nah, diprediksi hujan ini pada bulan November,” kata Dwikorita.

Ia mengatakan,  fenomena cuaca El Nino masih terjadi dan akan  memuncak pada bulan Oktober – November. Indonesia diuntungkan dengan datangnya musim hujan mulai November. (antara)

No Comments

    Leave a Reply