Sandiaga Ajak Pelaku Industri Kreatif Manfaatkan Momentum Libur Lebaran

April 12, 2023

BRIEF.ID –  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf)  Sandiaga Salahuddin Uno mengajak  pelaku industri kreatif memanfaatkan  momentum libur Lebaran tahun 2023  dengan meningkatkan  omzet penjualan dan pelayanan kepada wisatawan.

“Saya ingin mengajak seluruh pelaku industri parekraf memanfaatkan momen kesempatan emas ini, di Lebaran 2023. Setelah PPKM berakhir, tingkatkan  omzet penjualan  dan berikan pelayanan  terbaik,” kata Sandiaga seperti dilansir laman resmi Sekretariat Kabinet, Rabu (12/4/2023).

Ia mengatakan, pelaku industri kreatif juga berkewajiban untuk menciptakan suasana kondusif sehingga  para wisatawan  dapat menikmati aktivitas wisata dengan aman, nyaman, dan menyenangkan.

Disebutkan,  pada Lebaran tahun ini,  diprediksi jumlah pemudik mencapai 123,8 juta orang. Ia  menargetkan 25% dari 123,8 juta orang  pemudik akan menciptakan  pergerakan wisatawan Nusantara (wisnus)  sebesar 300-350 juta pergerakan.

“Target perputaran ekonomi  pada momen libur Lebaran] Rp100-150 triliun,” imbuhnya.

Di sisi lain, Sandiaga  menyoroti kenaikan tarif masuk tempat wisata yang kerap terjadi pada libur Lebaran. Ia berharap  pemerintah daerah dan asosiasi wisata setempat agar mensosialisasikan  harga standar yang  sesuai kualitas dan pelayanan yang diberikan.  

“Jangan kita menaikkan tarif yang membebani masyarakat. Kita fokuskan pada peningkatan aspek kualitas  dan pelayanan.  Jadi, diperhatikan betul kemampuan masyarakat yang sudah menabung ingin pulang  kampung halaman dan berwisata bersama keluarga  dengan harga  terjangkau,” kata Sandiaga.

Sandiaga memperkirakan pada libur Lebaran akan terjadi lonjakan pengunjung  di berbagai destinasi  wisata di Indonesia,   antara lain Puncak Bogor, Cipanas, Cianjur, Tangkuban Perahu, Kawah Putih, Ciwidey, dan beberapa pantai di Jawa Barat; Dieng, Batu Raden, Bandungan Semarang, Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan beberapa destinasi lainnya di Jawa Tengah,  Yogyakarta,  Gunung Bromo, Wisata Jatim Park, dan Taman Kebun Binatang Batu di Jawa Timur.

“Ini yang harus kita pastikan agar pengunjung tidak membludak. Pelayanannya harus lebih baik, lebih cepat, lebih nikmat, dan tentunya dengan harga yang tepat. Mari kita gunakan kesempatan ini untuk menghadirkan suatu proses mudik yang aman, lancar, dan mulus,” kata Sandiaga.

No Comments

    Leave a Reply