Sajian Berbuka Puasa Penggugah Selera Khas Banjar

April 3, 2023

BRIEF.ID – Provinsi Kalimantan Selatan dikenal memiliki kekayaan alam dan ragam kuliner khas yang menggugah selera.   

Provinsi yang dikenal dengan populasi suku Banjar  yang  juga biasa disebut Urang Banjar memiliki aneka sajian menarik yang dapat dinikmati pada saat berbuka puasa maupun sahur.  

Tidak mengherankan, sektor kuliner  menjadi salah satu peluang usaha di daerah ini. Berikut  daftar makanan khas Kalimantan Selatan yang terkenal enak dan dapat dijadikan sebagai sajian berbuka puasa.

1.KUE BINGKA BARANDAM

Berbuka puasa di Kalimantan Selatan terasa kurang lengkap tanpa kehadiran hidangan yang manis,  kue Bingka Barandam.

Kue khas Banjar ini memiliki tekstur lembut dan tentu saja, nikmat. Untuk menyantap kue ini, dapat dipadukan bingka dengan siraman kuah manis rasa daun pandan.

2. AMPARAN TATAK

Amparan Tatak adalah  hidangan favorit di kalangan masyarakat Banjar. Kue yang didominasi  warna  putih ini cocok untuk dijadikan menu berbuka puasa.

Rasa pisang yang manis dipadu  gurih santan, membuat Amparan Tatak memiliki rasa yang lezat. Kata ‘Amparan’ berasal dari kata hamparan dan ‘Tatak’ bermakna potong. 

3.SOTO BANJAR

Soto Banjar adalah soto khas  Banjar,  yang disajikan dengan bahan utama daging ayam dan  memiliki aroma  harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkih.

Soto ini berisi daging ayam yang  disuwir-suwir, dengan tambahan perkedel, kentang rebus, rebusan telur, potongan wortel dan ketupat.

4. NASI ITIK GAMBUT

Nasi Itik Gambut adalah kuliner khas Banjarmasin yang terdiri atas nasi putih yang dihidangkan bersama lauk itik goreng dengan bumbu habang atau bumbu merah khas Banjar.

Selain daging itiknya  yang  empuk, bercitarasa khas Banjar, ada juga sambal masak habang yang meresap pada daging itik.

5. LONTONG ORARI

Di Banjar juga ada lontong yang disukai masyarakat, yaitu Lontong orani. Bentuknya khas segitiga unik dan lauk pendampingnya juga khas sehingga berbeda dengan lontong dari Jawa.

Salah satu yang membuatnya khas adalah lauk pendampingnya yaitu sayur tewel, irisan labu, buncis, ikan gabus, serta telur yang dimasak dengan bumbu merah dan disiram kuah santan yang gurih dan lezat.

6. KETUPAT KANDANGAN

Ketupat Kandangan (bahasa Banjar: Katupat Kandangan) merupakan hidangan yang berasal dari daerah Kandangan, Kalimantan Selatan.

Seperti ketupat pada umumnya, bahan untuk membuat ketupat berasal dari beras. Perbedaan ketupat Kandangan dengan jenis ketupat lainnya adalah penggunaan ikan gabus (haruan) sebagai menu pelengkap. Ikan gabus ini dipanggang lebih dulu sebelum dimasak menggunakan santan.

Kemudian, ikan gabus beserta kuahnya disiramkan ke ketupat. Kuliner ini dapat dihidangkan untuk makan pagi, siang atau malam.[1] Ketupat Kandangan bercitarasa gurih dan sedikit pedas.

Ketupat disiram dengan kuah bersantan yang diracik dari bumbu-bumbu tradisional seperti kayu manis, pala, cengkih, dan kapulaga. Kuah agak kental dengan rasa yang sangat khas gurih. Untuk bersantap biasanya ada sepotong ikan asap. Ikannya bisa gurame, patin, atau gabus.

No Comments

    Leave a Reply