Kuliah Umum di Unsri Palembang, Puan Ajak Mahasiswa Cinta Tanah Air dan Sesama Anak Bangsa

March 4, 2023

BRIEF.ID –  Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)  Puan Maharani mengajak para mahasiswa untuk meningkatkan rasa cinta tanah air dan sesama anak bangsa sebagai wujud pengabdian  hidup.

Ajakan itu disampaikan Puan saat memberikan kuliah umum  di Aula Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya (Unsri) di Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Sabtu (4/3/2023).

“Harus sama-sama melaksanakan apa yang menjadi cita-cita  kemerdekaan.  Indonesia terdiri atas berbagai pulau, suku, dan bangsa.

Indonesia tidak mungkin menjadi negara maju, kalau manusianya tidak cinta tanah air dan tidak saling mencintai antar sesama,” kata Puan di hadapan ribuan mahasiswa.

Dalam kuliah umum  bertema “Cinta Tanah Air dan Sayang Sesama Anak Bangsa,”  Puan menyatakan untuk mewujudkan kemerdekaan tidak bisa hanya berdiam diri. Kemerdekaan adalah karya bersama bangsa Indonesia.

“Apabila kita  ditanya oleh orang luar negeri, jangan sekali-kali menjawab  daerah masing-masing. Tetapi katakanlah bahwa aku Indonesia dan kami Indonesia,” ujar Puan.

Pada bagian lain, Puan juga menyinggung mengenai  implementasi  dari rasa sayang sesama anak bangsa. Ia pun mengambil contoh, dua  orang mahasiswa, yang satu berasal dari Papua dan lainnya asal Jawa Tengah. Selain kedua mahasiswa itu, ada juga beberapa mahasiswa lainnya yang disuguhkan pertanyaan-pertanyaan menarik.

Selain   menyampaikan  kesan selama  kuliah di Unsri, para mahasiswa itu  ditantang untuk menjawab serangkaian pertanyaan yang terdiri atas  3 jenis makanan khas Palembang,  3 ikon  Palembang, dan  3 tempat nongkrong  paling happening di Palembang.

Para mahasiswa langsung menjawab. Disebutkan bahwa  3 makanan khas Palembang adalah Pempek, Model, dan Tekwan. Lalu, 3 ikon Palembang adalah Jembatan Ampera, Benteng Kuto besak, dan Monpera. Sedangkan  3 tempat paling happening di Palembang adalah Stadion Jakabaring, Benteng Kuto Besak (BKB), dan Kambang Iwak. Para mahasiwa itu pun  mendapat bingkisan dari Puan sebagai bentuk cinta tanah air.

No Comments

    Leave a Reply