Sandiaga: F1 Powerboat Sukses, Pebalap Perpanjang Waktu Tinggal di Danau Toba

February 27, 2023

BRIEF.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengaku gembira atas keberhasilan penyelenggaraan F1 Powerboat di Danau Toba, Sumatera Utara. Bahkan, seluruh pebalap dunia yang berlaga di putaran pertama Kejuaraan Dunia itu memutuskan tinggal lebih lama untuk menikmati keindahan Indonesia, khususnya Danau Toba.

Pebalap Stromoy Racing Bartek Marszalek tim Strømøy Racing F1H2O menjadi pemenang dalam edisi pertama lomba di danau vulkanik terbesar di dunia itu.

“Semua pebalap tidak pulang hari ini maupun besok. Tetapi mereka akan ada ekstensi sampai Kamis (2/3/2023) bahkan ada yang lebih lama,” ujar Sandiaga di Balige, Sumatera Utara, Minggu (26/2/2023).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berada di antara para penonton F1 Superboat di Danau Toba, Sumatera Utara.

Para pebalap dunia sengaja memperpanjang waktu tinggal di Indonesia karena ada jeda sebelum kembali berlomba pada putaran kedua yang bergulir di Zhengzhou, Tiongkok 29-30 April 2023.

“Jadi mereka memutuskan memperpanjang tinggal di Sumatera dan ada yang akan ke destinasi yang lain seperti Bali dan Jakarta,” kata Sandiaga.

Para pebalap F1 Powerboat memang merasakan atmosfer berbeda karena merupakan kali pertama balapan di Danau Toba. Sejak tiba di Indonesia, mereka kagum dengan keindahan alam, khususnya di Sumatera.

Bahkan sang pemenang lomba,  Marszalek mengatakan sangat menantikan untuk kembali berlomba di danau yang memiliki panjang 100 kilometer dengan kedalaman lebih dari 500 meter.

Indonesia mendapat kehormatan menjadi tuan rumah pembuka dari delapan putaran yang  bergulir sepanjang musim 2023. Rencananya, Danau Toba akan menjadi tuan rumah selama lima tahun atau hingga 2027.

Ajang F1 Powerboat menjadi momentum untuk mempercepat kebangkitan dan pemulihan pariwisata dan ekonomi di Indonesia. (Antara)

No Comments

    Leave a Reply