News

Gelar Parents Week 2021, Pahamify Dampingi Orang Tua Memaksimalkan Potensi Anak di Masa Pandemi

December 2, 2021

Bogor, 2 Desember 2021 –  Pendidikan anak merupakan salah satu prioritas utama orang tua, tak terkecuali pada masa pandemi saat ini. Keadaan yang dinamis juga menuntut orang tua untuk beradaptasi dalam mendukung tumbuh kembang anak. PT Pahami Cipta Edukasi (Pahamify) bertekad untuk terus mendampingi orang tua dalam mendukung anak meraih prestasi.

Komitmen ini salah satunya diwujudnyatakan melalui pelaksanaan Pahamify Parents Week bertajuk ‘Menjadi Parents 4.0: Memaksimalkan Potensi Anak di Masa Pandemi’ pada Oktober – November 2021. Gelaran yang dibuka oleh Chief Operating Officer (COO) Pahamify Mohammad Ikhsan pada Senin (25/10) lalu merupakan rangkaian acara selama 4 minggu berturut-turut. Pahamify Parents Week disambut antusias oleh orang tua siswa jenjang SD, SMP, hingga SMA se-Indonesia. Tercatat lebih dari 3.500 orang tua antusias mengikuti rangkaian acara ini secara virtual.

Ikhsan mengatakan, “Selain guru dan sekolah, orang tua memegang peranan penting dalam mendukung potensi dan masa depan anak. Terlebih saat ini intensitas orang tua untuk berinteraksi dengan anak lebih tinggi dibandingkan sebelum masa pandemi. Kami memahami bahwa orang tua juga butuh untuk berbagi dan berdiskusi dalam rangka memperoleh informasi serta menambah wawasan seputar anak. Hal ini yang mendorong kami untuk melaksanakan gelaran Pahamify Parents Week 2021.”

Data dari SurveyMETER pada akhir tahun 2020 menyatakan bahwa sebanyak 44,4% ibu dan 38,5% ayah menghabiskan lebih banyak waktu untuk berinteraksi dengan anak-anak mereka dibandingkan dengan sebelum adanya pandemi. Pada masa ini, orang tua juga berperan sebagai guru dan sahabat bagi anak.

Narasumber dan topik yang diangkat pada webinar Parents Week setiap minggunya berbeda-beda. Pada minggu pertama, Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19 dr. Reisa Broto Asmoro hadir untuk membahas topik ‘Amankah Pembelajaran Tatap Muka? Siapkan Anak kembali ke Sekolah!’. Webinar kedua pada Selasa (2/11) bersama  Ketua Umum LPAI sekaligus Psikolog dan Pemerhati Anak Dr. Seto Mulyadi mengangkat topik ‘Merancang Masa Depan Anak Sesuai dengan Potensinya’.

Sementara pada Sabtu (6/11), Pahamify mengundang Public Figure Donna Agnesia untuk membahas topik ‘Beradaptasi dengan Perubahan Cara Belajar Anak di Masa Pandemi. Rangkaian kegiatan Parents Week ditutup pada Sabtu (13/11) dengan mengundang Ketua TP PKK DKI Jakarta sekaligus Penggagas Ibu IBukota Fery Farhati dan Psikolog Fathya Artha yang membahas topik ‘Menjadi Orang Tua versi Terbaik untuk Mendukung Potensi Anak’.

Pendidikan menjadi salah satu bekal bagi masa depan anak. Hal ini tak lepas dari doa dan upaya orang tua. “Rangkaian acara Pahamify Parents Week 2021 dengan topik dan narasumber yang mumpuni di bidangnya diharapkan turut membantu orang tua dalam memperoleh pengalaman dan wawasan luas terkait tumbuh kembang anak. Semoga setiap sesi webinar ini memberikan dampak yang baik, bukan hanya bagi orang tua dan anak, tetapi juga masa depan bangsa Indonesia,” tutup Ikhsan.