BRIEF.ID – PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menyiapkan uang tunai sebesar Rp25 triliun untuk melayani kebutuhan transaksi selama momentum Natal 2025 dan Tahun Baru 2026.
Corporate Secretary Bank Mandiri, Adhika Vista, mengatakan uang tunai untuk kebutuhan transaksi Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 meningkat 5,8% dibandingkan tahun lalu.
“Alokasi uang tunai senilai Rp25 triliun merupakan bagian dari sinergi dan akselerasi layanan keuangan guna memastikan seluruh jaringan Bank Mandiri siap melayani masyarakat selama periode puncak transaksi akhir tahun,” kata Adhika, dalam pernyataan pers, dikutip Rabu (10/12/2025).
Menurut dia, dari dana tunai tersebut, sekitar Rp2 triliun dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan harian sekitar 12.958 Mandiri ATM/CRM Bank Mandiri.
Dana tersebut dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan transaksi tunai masyarakat selama 33 hari sejak 1 Desember 2025 hingga 2 Januari 2026.
Bank Mandiri juga menyiapkan langkah antisipatif terhadap lonjakan transaksi di jaringan anjungan tunai mandiri (ATM) dan Electronic Data Capture (EDC).
Seluruh unit ATM/Cash Recycling Machine (CRM) terhubung ke jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima, dan Visa/Plus di seluruh Indonesia, dan 290 Customer Service Machine (CSM).
Bank Mandiri memproyeksikan puncak kebutuhan pengisian uang tunai ATM akan terjadi satu hari sebelum Hari Natal 2025 dan satu hari sebelum Tahun Baru 2026.
Transaksi pada mesin EDC, termasuk transaksi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), diperkirakan akan meningkat seiring pembagian tunjangan hari raya (THR) dan peningkatan konsumsi masyarakat menjelang Natal.
Terkait dengan itu, lanjut Adhika, Bank Mandiri telah menyiapkan lebih dari 307.000 jaringan EDC guna mendukung transaksi non-tunai, yang diperkirakan meningkat selama periode Natal dan Tahun Baru 2026.
“Kami memperkuat sinergi antara jaringan cabang dan layanan digital untuk menjaga ketersediaan uang tunai serta menghadirkan transaksi yang lancar dan aman,” ujar Adhika.
Sebagai bagian dari akselerasi transaksi digital, Bank Mandiri menyebarkan uang elektronik e-money sebanyak 956.250 kartu ke seluruh Indonesia.
Sementara itu, layanan Call Center 14000 dan Live Chat MITA di akun resmi WhatsApp (+62 811-84-14000) disiagakan untuk dukungan selama masa liburan.
Dia menambahkan, Bank Mandiri memastikan kesiapan penuh ekosistem digital banking seperti Super App Livin’ by Mandiri, Kopra by Mandiri, SMS Banking, dan Call Center 14000.
Terkait keamanan dan perlindungan konsumen, Adhika mengingatkan nasabah untuk terus menjaga kerahasiaan data pribadi dalam melakukan transaksi digital banking, terutama dalam memberikan data rahasia kepada pihak manapun yang mengatasnamakan Bank Mandiri.
“Bank Mandiri tidak pernah meminta kerahasiaan data nasabah termasuk nomor kartu, OTP, CVV, CVC, dan lainnya. Selain itu, nasabah dihimbau untuk tidak mudah terpancing untuk mengklik atau menginstal file berformat APK,” tutur Adhika. (jea)


