Jokowi Instruksikan Kapolri Sukseskan Pilkada Serentak 2024

July 2, 2024

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan Kepala Kepolisian RI (Kapolri) Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo untuk menciptakan stabilitas keamanan  dalam menyukseskan Pilkada Serentak 2024.

Mengacu data Komisi Pemilihan Umum (KPU), Pilkada Serentak 2024 pada 27 November 2024 akan digelar di 545 daerah, yang terdiri atas 37 Provinsi,  415 Kabupaten, dan 93 Kota di seluruh Indonesia.  

“Sebentar lagi kita memasuki tahapan Pilkada. Saya minta Polri turut mendukung dan menyukseskan, jaga netralitas, jaga stabilitas, dan jaga demokrasi kita agar Pilkada dapat berlangsung aman, jujur dan adil,” kata Jokowi pada Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke-78 Tahun 2024 di Lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Senin (1/7/2024).

Jokowi yang bertindak sebagai Inspektur Upacara memerintahkan jajaran Polri untuk menjaga kondusivitas keamanan agar Pilkada Serentak  berlangsung aman, jujur, dan adil. Ia juga secara khusus menyampaikan selamat Hari Bhayangkara kepada seluruh keluarga besar Polri atas pengabdian dan kerja keras dalam menjaga stabilitas dan keamanan.

Kepala Negara mengapresiasi proses demokrasi pada Pemilu 2024 dan agenda-agenda besar pembangunan dapat terlaksana berkat Polri di tengah tantangan ketidakpastian global.

“Proses demokrasi Pemilu 2024 dan agenda-agenda besar pembangunan sehingga bangsa kita mampu tumbuh di tengah tantangan dan ketidakpastian global,” kata Jokowi.

Pada rangkaian kegiatan Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke-78 Tahun 2024,  Jokowi terlihat menaiki kendaraan taktis saat meninjau ratusan pasukan yang menjadi anggota upacara di Lapangan Monas.

Jokowi yang mengenakan setelan jas biru malam dilengkapi peci warna senada, juga menyaksikan defile, seperti aksi terjun payung, dan penampilan drum corps Akademi Kepolisian.

Sejumlah pejabat yang hadir dalam Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke-78, antara lain Ibu Sinta Nuriyah Wahid, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Ibu Wury Ma’ruf Amin, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Wakil Presiden ke-10 Jusuf Kalla, dan Ibu Mufidah Kalla.

Dalam HUT Ke-78 Bhayangkara ini, Polri mengangkat tema utama “Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi Yang Inklusif Dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas”.

Puncak HUT ke-78 Bhayangkara ini, selain dilaksanakan upacara peringatan juga dimeriahkan dengan pesta rakyat yang menampilkan pertunjukan musik dari artis-artis ibu kota, serta aneka jajanan kuliner yang gratis untuk masyarakat.

No Comments

    Leave a Reply