Puan: Selamat Idul Adha 1445 Hijriah

June 17, 2024

BRIEF.ID – Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak masyarakat untuk memaknai Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah/Tahun 2024 sebagai momen untuk meningkatkan kepedulian kepada sesama dan meningkatkan semangat gotong royong.

“Selamat Idul Adha 1445 Hijriah kepada seluruh umat Islam. Lewat semangat Idul Adha, mari kita tingkatkan gotong royong dan kepedulian untuk membantu sesama, terlebih bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan,” kata Puan di Jakarta, Senin (17/6/2025).

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI ini juga menilai, Idul Adha  menjadi momentum untuk memperkuat rasa solidaritas dan persaudaraan antar-umat beragama. Solidaritas, kata dia, sangat dibutuhkan di tengah banyaknya tantangan yang dihadapi bangsa.

“Selain sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT atas rasa syukur dan untuk meningkatkan iman dan takwa, memberi kurban di hari raya Idul Adha dapat menjadi simbol keikhlasan dalam berbagi untuk sesama. Ibadah kurban oleh umat muslim yang mampu juga sebagai bagian dari toleransi karena hewan kurban disumbangkan  untuk saudara-saudara kita yang kekurangan dari sisi ekonomi, sekaligus sebagai bentuk kebaikan dengan berbagi nikmat dan kebahagiaan kepada saudara, tetangga, dan lingkungan terdekat,” lanjut Puan.

Ia berharap, umat Muslim di Tanah Air dapat semakin meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT di momen Idul Adha.

“Hari Raya Idul Adha juga menjadi kesempatan bagi umat Muslim untuk memperteguh nilai-nilai sosial dan kepedulian terhadap sesama, serta merefleksikan nilai-nilai kemanusiaan,” tutur cucu Bung Karno itu.

Disebutkan, Idul Adha juga menjadi pertanda  selesainya rangkaian Ibadah Haji di Tanah Suci.

“Semoga seluruh rangkaian Ibadah Haji para jamaah Indonesia berjalan lancar dan jamaah dapat kembali pulang ke Tanah Air dengan selamat, serta menjadi Haji Mabrur,” ucap Puan.

Pada bagian lain,  Puan menyoroti bahwa ibadah haji 2024 yang menurut laporan tim pengawas (timwas) Haji DPR, pelaksanaan tahun ini relatif tidak ada insiden signifikan seperti tahun sebelumnya. Walau begitu, Puan mendapat laporan masih diperlukannya peningkatan kualitas pelayanan Ibadah Haji Indonesia.

“Meskipun pelaksaan Ibadah Haji tahun ini lebih kondusif dibanding tahun lalu, tapi kualitas pelayanan bagi jamaah harus terus ditingkatkan,” kata dia.

Namun, Timwas Haji DPR masih menemukan banyak kebijakan yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pelayanan haji. Beberapa aspek yang menjadi perhatian Timwas Haji DPR di antaranya terkait dengan manajemen kuota haji, petugas haji, dan anggaran haji.

Timwas Haji DPR berencana membentuk Panitia Khusus (Pansus) untuk mengevaluasi penyelenggaraan Ibadah Haji 2024 yang bertujuan meningkatkan  kualitas pelayanan haji ke depan, karena evaluasi yang dilakukan secara komprehensif dapat memperbaiki kekurangan-kekurangan dari pelaksanaan Ibadah Haji Tahun ini.

“DPR RI akan mendengar laporan resmi dari Timwas Haji. Dan tentunya kami DPR akan mendukung langkah-langkah yang harus dilakukan sepanjang untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan efisiensi pelaksanaan ibadah haji,” tutup Puan.

No Comments

    Leave a Reply